Pariwisata Versus Balap Sepeda

Kompas.com - 16/06/2011, 02:31 WIB
Editor

Helena Nababan

Lomba balap sepeda Tour de Singkarak 2011 yang berlangsung selama sepekan sudah berakhir, Minggu (12/6). Perhelatan yang sudah diselenggarakan dalam tiga tahun terakhir ini sebenarnya ingin menjual pariwisata Sumatera Barat melalui balap sepeda.

Oleh karena itu, rute yang dilalui para pebalap juga diarahkan ke lokasi-lokasi wisata di Sumbar, antara lain Lembah Harau, Danau Maninjau, dan Danau Kembar atau lebih dikenal sebagai Danau di Atas dan Danau di Bawah. Jika dibandingkan dengan Tour de France, penyelenggaraan Tour de Singkarak (TdS) memang belum ada apa-apanya.

Namun, sebagai upaya memperkenalkan sekaligus menjual obyek wisata di Sumbar ke dunia internasional, penyelenggaraan balap sepeda TdS yang sudah masuk kalender Persatuan Balap Sepeda Internasional (UCI) ini perlu dilanjutkan.

Penyelenggaraan agenda balap sepeda tahunan ini masih banyak kekurangan di sana-sini. Keruwetan, misalnya, sudah dijumpai pada hari pertama balapan, 6 Juni lalu. Start lomba hari pertama sudah menyusahkan ribuan warga Padang.

Mereka harus terjebak kemacetan lalu lintas berjam-jam karena sebelumnya warga tidak mengetahui adanya lomba balap sepeda pada hari itu.

Ketua Umum Pengurus Provinsi Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Sumbar Afrizal bahkan mengaku tidak tahu-menahu dengan lomba balap sepeda itu. Ia mengaku kecewa dengan pelaksanaan TdS 2011. ”Sebagai tuan rumah, kami tidak pernah dilibatkan. Saya bahkan tidak pernah tahu kapan lomba itu dilaksanakan,” katanya.

Keruwetan lain adalah keterbatasan penginapan di kota-kota tempat start dan finis para pebalap, misalnya di etape VIB dengan titik finis di Padang Panjang.

Para pebalap yang tidak mendapat hotel di Padang Panjang harus kembali ke Bukittinggi. Malamnya, mereka masih harus ke Padang Panjang untuk mengikuti jamuan makan malam.

”Saya kira masalah penginapan harus dijawab penyelenggara supaya balapan TdS ke depan bisa lancar,” ujar Chief Commissaire TdS 2011 Leong Hong Ian.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X