Button Tak Mendapat Hukuman

Kompas.com - 13/06/2011, 21:24 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

SILVERSTONE, Kompas.com - Pebalap McLaren, Jenson Button, tidak akan mendapat hukuman menyusul insiden senggolannya dengan Fernando Alonso dan Lewis Hamilton pada balapan Formula 1 di Kanada, Minggu (12/6/11). Hasil investigasi menunjukkan, pebalap asal Inggris tersebut, yang memenangi balapan penuh drama itu, tidak bersalah.

Button dan Alonso melakukan kontak pada lap ke-38, dan steward kemudian mengumumkan bahwa mereka akan menyelidiki insiden tersebut setelah balapan. Tetapi setelah melihat ulang tayangan video dan mendengarkan penjelasan dari kedua pebalap serta wakil tim, dinyatakan bahwa peristiwa itu "insiden balapan".

"Mobil 5 (Alonso) berada di luar lap ketika pit. Mobil 4 (Button) tampak berada di dalam garis menjelang masuk tikungan dan melaju ke tepi jalan untuk menghindari Mobil 5 yang berada di luar.

"Mengingat kondisi dan laporan dari kedua pebalap dan perwakilan tim mereka, steward memutuskan bahwa ini adalah sebuah 'insiden balapan' dan menyatakan bahwa tidak ada tindakan lebih lanjut," demikian bunyi pernyataan.

Tak hanya itu. Button juga dinyatakan bersih setelah tabrakan dengan rekan setimnya, Lewis Hamilton, di lap ketujuh.

"Para steward telah melihat ulang insiden yang melibatkan Mobil 3 (Hamilton) dan Mobil 4 (Button) pada lap ketujuh balapan itu. Para steward melihat lagi jalur beberapa mobil, termasuk dua mobil yang terlibat ini, menggunakan berbagai sudut video yang menjadi bukti selama beberapa lap, jejak kecepatan kedua pebalap, data GPS dari mobil, dan telah mendengar penjelasan para pebalap dan perwakilan tim," bunyi pernyataan tambahan.

"Para steward menyimpulkan bahwa:

"1) Keluar dari Tikungan 13 ada kesempatan menyalip yang sah bagi Lewis Hamilton karena kecepatannya lebih tinggi dari Jenson Button.

"2) Kedua pebalap secara substansi mengambil jalur yang sama dengan kebanyakan pebalap lain, dan tidak bergerak terlalu jauh ke kiri seperti pebalap sebelumnya, Michael Schumacher. Pada saat setelah Hamilton bergerak ke kiri untuk melewatinya, Button melihat kaca spionnya. Tampaknya dari posisi Hamilton pada saat itu (dan dikonfirmasi oleh pebalap) bahwa Button tak mungkin telah melihat Hamilton.

"3) Pada saat terjadi kontak, Button belum bergerak jauh ke kiri dari trek, seperti yang dilakukan pada lap sebelumnya, atau yang Schumacher lakukan pada lap itu.

"Para steward telah menyimpulkan bahwa itu wajar bagi Hamilton untuk yakin bahwa Button akan melihat dia, dan bahwa ia bisa membuat manuver untuk melewatinya. Lebih lanjut, steward telah menyimpulkan bahwa masuk akal untuk yakin bahwa Button tidak menyadari posisi Hamilton di sebelah kiri.

"Oleh karena itu, steward memutuskan bahwa ini adalah sebuah 'insiden balapan' dan tidak mengambil tindakan lebih lanjut."



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X