Christo ke Final Tiga Pekan Berurutan

Kompas.com - 11/06/2011, 22:38 WIB
EditorA. Tjahjo Sasongko

JAKARTA, KOMPAS.com — Petenis terbaik putra Indonesia peringkat ke-516 dunia, Christopher Rungkat, lolos ke babak final Turnamen Tenis Internasional BUMA Men’s Future dan Women’s Circuit. Ia lolos setelah menang pada babak semifinal atas unggulan kelima dari Taiwan, Liang-Ci Huang, dengan 7-6 (4), 6-2 di Stadion Tenis Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (11/6/2011).

Christo, unggulan ketiga turnamen ini, lolos ke babak final untuk kali ketiga berturut-turut dalam tiga minggu. Sebelumnya, Christo lolos ke babak final seri pertama dan kedua turnamen ini. Pada dua seri sebelumnya, Christo tampil sebagai juara.

"Target saya menjuarai seri ketiga ini juga. Peluang saya sangat besar. Meski kondisi fisik sedikit menurun, saya akan berupaya semaksimal mungkin memenangi pertandingan babak final besok,” tutur Christo.

Penampilan Christo pada pertandingan babak semifinal tersebut dari segi fisik sedikit menurun dibandingkan pada dua seri sebelumnya. Sementara itu, Huang merupakan pemain yang ulet sehingga pertandingan tersebut menguras banyak tenaga Christo, terutama pada set pertama.

Kedua pemain beberapa kali terlibat reli panjang. Pada game keenam, misalnya, sempat terjadi enam kali deuce sebelum Huang selamat dari ancaman break point dan memenangi game ini.

"Set pertama merupakan kunci kemenangan saya hari ini. Kalau saya kalah pada set pertama, ceritanya mungkin akan lain karena Huang tampil sangat solid. Pada set pertama, dia kalah. Pada set kedua, dia langsung habis dan saya menang mudah," Christo menambahkan.

Hal tersebut dibenarkan Huang. "Set kedua saya sangat kelelahan. Harus saya akui, level Christo masih di atas saya," ujar Huang.

Pada babak final, Christo bertemu pemain Jepang unggulan keenam peringkat ke-838 dunia, Kento Takeuchi. Pemain Jepang ini menyisihkan pemain Indonesia lainnya pada semifinal, yaitu Sunu Wahyu Trijati, dengan 6-3, 6-2. "Saya yakin bakal dapat mengalahkan dia (Takeuchi). Kami sudah dua kali bertemu dia dan saya menangi semuanya," Christo menjelaskan.

Pada bagian putri, unggulan kedua dari Indonesia, Ayu Fani Damayanti, juga memastikan diri maju ke babak final. Ayu pada semifinal menyingkirkan unggulan ketiga dari Finlandia, Pila Suomalainen, dengan 6-1, 6-0.

Pada babak final, Ayu ditantang Kai-Lin Zhang (China), yang pada semifinal menang 6-4, 6-4 atas Yi Zhong (China). Ayu yang absen pada dua seri turnamen ini sebelumnya belum kehilangan satu set pun hingga mencapai babak final.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X