Spektakuler! Li Na Bikin Sejarah

Kompas.com - 04/06/2011, 22:03 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

PARIS, Kompas.com - Petenis China, Li Na, mengukir namanya dengan tinta emas dalam lembaran sejarah tenis internasional. Pemain berusia 29 tahun ini tercatat sebagai wanita pertama dari Asia yang menjuarai grand slam, setelah menaklukkan Francesca Schiavone di final Perancis Terbuka, Sabtu (4/6/11). Dalam laga yang berdurasi 1 jam 47 menit tersebut, Li Na menang straight set 6-4, 7-6.

Ini menjadi puncak dari pencarian panjang Li Na, pada Januari lalu hanya menobatkan dirinya sebagai petenis pertama dari China yang menembus final grand slam. Waktu itu, Li Na sukses menembus final Australia Terbuka, tetapi akhirnya kalah dari petenis Belgia, Kim Clijsters.

Namun dalam kesempatan kali ini, Li Na bermain sangat luar biasa dan fantastis. Unggulan keenam ini tampil penuh percaya diri dan berhasil menjinakkan bola-bola sulit dari Schiavone, yang lebih banyak mengandalkan slice. Bermodalkan pukulan flat yang keras, dan spin bagus, Li Na membuat juara bertahan asal Italia tersebut kerab mati langkah.

Pada set pertama, laga berlangsung seimbang. Tapi pada game kelima, Li Na mengambil keuntungan karena berhasil melakukan break, yang membuatnya unggul 3-2. Inilah momen yang membuatnya dia memenangkan set pembuka dengan 6-4.

Set kedua, Li Na kembali mendapatkan momentum untuk lebih cepat menyelesaikan pertandingan, ketika dia langsung membuat break di game pertama. Tetapi Schiavone tak ingin dipecundangi dengan mudah, sehingga dia bisa membalas melakukan break di game kedelapan untuk mengubah skor menjadi 4-4.

Setelah itu, kedua pemain tak pernah kehilangan poin saat memegang servis sehingga dilanjutkan dengan tie-break. Pada momen krusial ini, Li Na bermain lebih bagus, sehingga dia menyapu tujuh poin untuk menang 7-0.

Ketika bola pengembalian Schiavone terlalu panjang, Li Na langsung merebahkan diri di atas lapangan tanah merah Roland Garros. Dia meluapkan sukacitanya karena berhasil mewujudkan impian mengangkat trofi grand slam. Selamat Li Na!



Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
komentar di artikel lainnya
Close Ads X