Ternyata, Mosley Ingin Menyerah

Kompas.com - 02/06/2011, 21:11 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

MANILA, Kompas.com - Duel antara Manny "Pacman" Pacquiao dan Shane "Sugar" Mosley sudah cukup lama berlalu karena tersaji pada 7 Mei lalu. Laga yang semula diprediksi akan berlangsung ketat dan menarik tersebut ternyata menjadi tontonan membosankan, sehingga banyak mengundang kritikan.

Pacquiao masih terlalu garang dan tangguh bagi Mosley. Pada ronde ketiga, juara pound-for-pound tersebut sudah membuat Mosley mencium kanvas, dan setelah itu penampilan petinju Amerika Serikat itu tak semanis namanya, "Sugar". Laksana seorang yang penakut, Mosley hanya bisa berlari dan bertahan untuk menghindari hujaman petinju kebanggaan Filipina tersebut, sehingga tak jatuh lagi.

Lama tak ada kabar, kini muncul sebuah detail baru mengenai pertarungan tersebut--dan apa yang terjadi antara setiap ronde. Meskipun belum ada rilis secara utuh, tetapi epilog Fight Camp 360°: Pacquiao vs Mosley, yang berasal dari Examiner.com, yang baru berdurasi 30 detik, memperlihatkan sebuah isi yang mengejutkan. Ternyata, Mosley sempat ingin meminta pertandingan tersebut dihentikan, saat jeda.

Video tersebut menunjukkan, Mosley duduk di bangku, dan meminta kepada pelatihnya, Naazim Richardson.

"Ayolah, anda harus menghentikan pertarungan ini," pinta Mosley kepada pelatihnya.

Namun Richardson menolaknya. Dia menyuruh petinjunya tersebut tetap duduk dan melanjutkannya.

Mosley mengajukan permintaan tersebut karena dia merasa tidak cukup kuat lagi untuk bergerak. Akan tetapi, Richardson terus mendorongnya, dengan mengatakan bahwa mantan juara dunia tersebut harus tetap bertarung meskipun lebih banyak menghindar.

Memang, Mosley akhirnya bisa meladeni perlawanan Pacquiao hingga 12 ronde. Tetapi, dia harus mengakui kemenangan juara dunia delapan kelas berbeda tersebut dengan nilai mutlak.

Detail lebih lanjut mengenai video tersebut akan diluncurkan pada 4 Juni mendatang oleh Showtime, dalam episode yang lengkap.

Mengenai hal tersebut, kubu Pacquiao mengaku tak peduli. Demikian yang disampaikan agen Pacquiao, Michael Koncz, kepada Examiner.com.

"Saya tidak peduli dengan itu, begitu juga dengan Manny," ujar Koncz, yang menambahkan, Richardson seharusnya memenuhi permintaan Mosley.

"Mengapa pelatih tidak melakukan apa yang petinju minta kepadanya?" ungkap Koncz. "Saya heran mengapa Richardson tidak mengikuti instruksi dari petinjunya."

Koncz menambahkan, jika Pacquiao yang menginginkan sebuah pertarungan dihentikan, maka permintaannya tersebut harus diikuti.

"Ini adalah sebuah keputusan yang diambil oleh para petinju hebat. Dalam hal ini, saya harus mengatakan bahwa petinju tahu mana yang terbaik," pungas Koncz.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X