Petenis Austria Dihukum Seumur Hidup

Kompas.com - 31/05/2011, 22:47 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

LONDON, KOMPAS.com — Petenis Austria, Daniel Koellerer, mendapat hukuman seumur hidup tak boleh tampil dalam arena tenis profesional. Menurut Tennis Integrity Unit (TIU), Selasa (31/5/2011), Koellerer terlibat dalam skandal pengaturan pertandingan.

Berdasarkan Uniform Tennis Anti-Corruption Programme, petenis berusia 27 tahun, peringkat ke-385 dunia, dan pernah mencapai posisi ke-55 atau tertinggi dalam kariernya pada 2009 tersebut dinyatakan bersalah atas tiga tuduhan, termasuk "merancang atau mencoba merancang hasil dari sebuah event".

"Larangan seumur hidup akan segera berlaku, dan berarti Bapak Koellerer tidak memenuhi syarat untuk berpartisipasi dalam turnamen atau kompetisi yang diselenggarakan atau disetujui oleh badan yang mengatur tenis profesional," demikian pernyataan TIU.

Koellerer, yang juga didenda 100.000 dollar AS (sekitar Rp 855,991 juta), berhak melakukan banding ke Pengadilan Arbitrasi Olahraga (CAS).

Sebagai informasi, TIU didirikan oleh Federasi Tenis Internasional (ITF) dan ATP dan WTA Tours untuk melindungi olahraga dari korupsi dan skandal perjudian. Semua pemain harus terdaftar pada program tersebut (Uniform Tennis Anti-Corruption Programme).



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X