Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raksasa Paksa Nadal Bermain 4 Jam

Kompas.com - 24/05/2011, 23:07 WIB

PARIS, Kompas.com — Rafael Nadal berhasil melewati rintangan yang sangat berat di babak pertama Perancis Terbuka, Selasa (24/5/2011). Menghadapi petenis jangkung Amerika Serikat, John Isner, Nadal dipaksa bermain rubber-set selama 4 jam 1 menit, sebelum menang 6-4, 6-7(2), 6-7(2), 6-2, 6-4.

Selanjutnya, pemain nomor satu dunia yang menyandang predikat juara bertahan ini akan menghadapi kompatriotnya, Pablo Andujar. Bagi Nadal, musim ini adalah usahanya untuk meraih gelar keenam dalam kurun waktu tujuh tahun terakhir.

Nadal mengawali duel dengan cukup meyakinkan karena menang 6-4 di set pembuka. Namun, di set kedua, Isner, yang tahun lalu mencatat rekor bertarung selama 11 jam melawan Nicolas Mahut di Wimbledon, membuat Nadal kesulitan sehingga tak pernah kehilangan poin. Alhasil, tie-break menjadi penentu yang berhasil dimenangkannya dengan 7-2.

Pada set ketiga, si raksasa Amerika Serikat itu tampil konsisten seperti set kedua sehingga Nadal tak bisa melakukan break. Lagi-lagi tie-break menjadi penentu, dan Isner kembali meraih kemenangan 7-2.

Namun, di set keempat, Nadal yang posisinya di ujung tanduk tampil lebih tenang dan konsisten bermain di baseline. Si kidal yang mendapat julukan "Raja Tanah Liat" tersebut hanya memberikan dua poin kepada Isner untuk meraih kemenangan 6-2 sekaligus memaksa terjadinya rubber set.

Di set kelima yang menjadi penentu, Nadal memanfaatkan gaya bermain yang agresif dari Isner. Pada game ketiga, Nadal mem-break servis Isner, yang kerap melakukan serve and volley. Strategi itu menjadi bumerang bagi Isner karena bola pengembalian Nadal tak bisa dijangkaunya sehingga unggulan utama itu memimpin 2-1.

Inilah awal dari kesuksesan Nadal melewati rintangan berat tersebut karena setelah itu mereka sama-sama tak pernah kehilangan poin saat memegang servis. Tetapi, pada game ke-10, Isner memberikan perlawanan sangat keras sehingga terjadi reli yang panjang untuk mendapatkan setiap poin.

Namun, forehand Nadal yang mengarah ke sisi kiri Isner tak mampu dikembalikan dengan sempurna sehingga bola berada di luar garis. Nadal pun langsung berlutut dan mengangkat tangan untuk merayakan keberhasilannya dalam laga yang sulit ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com