Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rio Haryanto Gagal Merebut Poin

Kompas.com - 23/05/2011, 03:40 WIB

Barcelona, Kompas - Meskipun gagal memenuhi ambisi untuk meraih poin pertama pada ajang GP3 Series di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, pebalap Indonesia, Rio Haryanto, menunjukkan penampilan cukup baik. Start di posisi ke-20, Rio masuk finis di urutan ke-10 pada race kedua.

Secara keseluruhan, Mitch Evans (Selandia Baru) menjadi juara dengan 14 poin, diikuti Andrea Caldarelli (Italia) 9 poin dan Nigel Melker (Belanda) 8 poin.

Wartawan Kompas Mohammad Bakir dari Barcelona melaporkan, pada race kedua yang diwarnai beberapa kali insiden, Rio melaju mulus justru ketika terjadi tabrakan yang melibatkan lima mobil di belakangnya saat start berlangsung. Kecelakaan terjadi akibat beberapa peserta mencuri start dan sebagian lagi mobilnya mogok. Akibat kecelakaan ini, semua peserta harus masuk pit stop.

Lepas dari start, Rio menyodok ke urutan ke-13. Baru pada lap ketujuh, Rio mendahului mobil di depannya. Pada lap ke-11, Rio kembali memperbaiki posisi dan masuk finis di urutan ke-11. Namun, Rio naik ke posisi ke-10 setelah Gabby Chaves dari Kolombia dihukum 20 detik karena pelanggaran.

Tentang pencapaiannya ini, Rio mengatakan bahwa kualifikasi amat menentukan dalam balapan yang bedanya hanya per detik ini. ”Kalau kita mencatat waktu bagus saat free practice dan juga punya kecepatan bagus saat lomba, itu tetap kurang berguna jika saya melakukan balapan dari start yang kurang menguntungkan,” ujarnya.

”Race” pertama

Pada race pertama Sabtu sore, Rio hanya menempati urutan ke-20. Pada putaran awal, Rio bahkan menabrak beberapa pebalap lain, tetapi tidak harus masuk pit. ”Saya kadang bermasalah dengan start. Itu sebenarnya biasa karena semua pebalap ingin mendahului lawan. Pada balapan ini ada 31 pebalap, jadi situasi start sangat ramai. Bandingkan dengan Formula One yang hanya 20 pebalap,” ujar pebalap tim Marussia Manor Racing itu.

Mitch Evans menjadi juara pada race pertama dengan waktu 27 menit 19,175 detik. Adapun Rio tertinggal lebih dari 33 detik di belakang Evans, yakni 27 menit 52,495 detik.

Achilles Corsa D3

Dari Sirkuit Sentul, Bogor, ratusan peserta mengikuti ajang Achilles Corsa D3-Drifting Dragrace Dragbike 2011. Pada nomor dragbike matic tune up 200 cc, Cendy Gerry (DKI) menjadi juara, diikuti Sani Rizkiana (Jabar) dan M Saiman (DKI).

Pada nomor drifting, Hermawan (privateer) menjadi juara pertama diikuti oleh Dani Devito (tim GT Radial) dan Rulli Armando (tim Achilles). Pada nomor dragrace, Riza Ariana (Jabar) menjadi juara, diikuti Daniel Mathew (DKI) dan Weda Bagus Prakoso (DKI). (ECA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com