Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Djokovic-Nadal di Final

Kompas.com - 15/05/2011, 04:23 WIB

ROMA, Kompas.com - Novak Djokovic memperpanjang rekor kemenangannya secara beruntun sepanjang tahun 2011 ini menjadi 36 kali, usai mengalahkan Andy Murray di semifinal Roma Masters, Sabtu (14/5/11) malam waktu setempat atau Minggu (15/4/11) dini hari WIB. Dalam laga yang dramatis selama tiga jam itu, Djokovic menang rubber set 6-1, 3-6, 7-6 (7/2), sehingga maju ke final turnamen lapangan tanah liat ini.

Dengan demikian, pemain nomor dua asal Serbia ini kembali bertemu unggulan utama Rafael Nadal. Final ideal ini akan menjadi partai ulangan akhir pekan lalu di Madrid Masters, ketika Djokovic untuk pertama kalinya menaklukkan petenis kidal asal Spanyol tersebut di lapangan tanah liat.

Bagi Nadal, final Roma Masters ini akan menjadi arena balas dendam karena dalam tiga pertemuan terakhir yang semuanya berlangsung pada 2011, dia selalu kalah. Sedangkan bagi Djokovic, hasil partai puncak ini nanti bisa menjadi gambaran bahwa dirinya tak perlu diragukan lagi sebagai kandidat terkuat untuk mengikis dominasi Nadal di "clay", termasuk di Grand Slam Perancis Terbuka yang mulai bergulir 22 Mei mendatang.

Pertarungan semifinal antara Djokovic dan Murray ini benar-benar menguras tenaga dan emosi, terutama pada set ketiga yang menjadi penentu, setelah di dua set pertama, kedua pemain berbagi kemenangan dengan cukup mudah. Pasalnya, pada set terakhir ini mereka saling beradu reli, dan tukar-menukar break, hingga terjadilah tie-break. Di sinilah (tie-break), Djokovic tampil lebih bagus sehingga dia dengan cepat menjauh dan akhirnya menang 7-2.

Keberhasilan Djokovic menembus final memastikan bahwa takkan ada juara baru di Roma Masters dalam kurun waktu tujuh tahun terakhir. Pasalnya, hanya dia dan Nadal yang merajai event ini di mana Nadal yang berstatus juara bertahan sudah merengkuhnya sebanyak lima kali, dan Djokovic menjadi juara pada 2008 ketika Nadal absen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com