Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stoner Raih Posisi Start Terdepan di Sirkuit Le Mans

Kompas.com - 15/05/2011, 03:40 WIB

Le Mans, Sabtu - Pebalap tim Repsol Honda, Casey Stoner, kembali menunjukkan keperkasaannya dalam babak kualifikasi di Sirkuit Le Mans, Perancis, Sabtu (14/5). Stoner tampil sebagai yang tercepat dan berhak start terdepan Minggu (15/5) ini.

Berdasarkan situs motogp.com, Stoner mencatat waktu tercepat 1 menit 33,153 detik di akhir babak kualifikasi. Catatan waktu ini lebih cepat 0,662 detik dibanding yang ditorehkan pebalap Australia itu di akhir babak latihan pada Sabtu pagi.

Stoner sudah menunjukkan kecepatannya sejak sesi latihan bebas pertama pada Jumat (13/5). Di sesi latihan terakhir, pebalap tim San Carlo Honda Gresini, Marco Simoncelli, sempat melejit mengalahkan Stoner, tetapi kembali dikalahkan di menit-menit terakhir.

Simoncelli akhirnya menempati urutan start kedua di babak kualifikasi. Simoncelli sempat terlempar di urutan keempat, tetapi dapat merebut posisi kedua dengan terpaut 0,059 detik dari Stoner.

Rekan setim Stoner, Andrea Dovizioso dan Dani Pedorsa, berada di urutan start ketiga dan keempat. Dovizioso terpaut 0,468 detik dan Pedrosa terpaut 0,530 dari Stoner.

Menurut Stoner, dirinya sangat ingin memenangi seri Perancis bersama Honda. Saat membela tim Ducati, Stoner belum pernah mencapai prestasi gemilang di sirkuit ini.

Dari tiga kali seri Motogp yang digelar pada musim 2011, Stoner baru memenangi satu seri yaitu seri pembukaan di Qatar. Di seri Spanyol, Stoner gagal masuk finis karena bersenggolan dengan Valentino Rossi. Di Seri Portugal, Stoner di urutan ketiga.

”Saya sangat ingin menjuarai seri ini dan tampil kembali sebagai pemuncak di klasemen sementara musim 2011,” kata Stoner, yang saat ini menduduki urutan ke-3 klasemen sementara dengan 41 poin, di bawah Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa.

Lorenzo kelima

Pebalap tim Yamaha, Jorge Lorenzo, yang sebelumnya mempunyai target juara, di seri Perancis ini harus start di posisi ketiga. Lorenzo gagal menembus dominasi tiga pebalap tim Honda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com