Indonesia Tak Boleh Remehkan Rusia

Kompas.com - 14/05/2011, 15:41 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

SEMARANG, KOMPAS.com — Tim bulu tangkis Indonesia akan menghadapi Rusia pada pertandingan pertama turnamen bulu tangkis beregu campuran Piala Sudirman di Qingdao, China, Minggu (22/5/2011).

Mantan pebulu tangkis nasional, Hastomo Arbi, ketika dihubungi dari Semarang, Sabtu (14/5/2011), mengatakan, dirinya optimistis Taufik Hidayat dan kawan-kawan bakal menang telak atas Rusia (5-0). Akan tetapi, kata dia, meskipun di atas kertas memang Indonesia lebih unggul, jangan sampai meremehkan setiap lawan, termasuk Rusia.

"Semua lawan yang masuk babak utama Piala Sudirman ini kuat dan tentunya mereka juga sudah melakukan persiapan dengan matang," katanya.

Menurut Hastomo, yang juga Wakil Manajer PB Djarum Kudus, dalam menghadapi Rusia, Indonesia harus tampil dengan kekuatan penuh karena kemenangan atas Rusia bakal menjadi modal bagi Indonesia untuk melangkah ke babak selanjutnya.

Ia mengakui, dirinya memang buta dengan kekuatan Rusia, tetapi mereka bisa masuk babak utama sudah merupakan prestasi yang bagus dan itu menandakan bahwa materi pemain mereka juga bagus. Apalagi, Rusia juga mempunyai satu pebulu tangkis putri yang berbahaya, yaitu Anastasia Russkikh.

Tambahan lagi, lanjut pahlawan Piala Thomas 1984 (saat itu mengalahkan Han Jian dari China) itu, biasanya pertandingan pertama selalu diliputi rasa tidak enak karena pemain harus menyesuaikan diri dengan lapangan.

"Dalam pertandingan beregu, laga pertama itu rasanya kurang enak karena harus menyesuaikan diri dengan kondisi lapangan, tetapi berikutnya akan merasa enak," katanya.

Seusai bertemu Rusia, Taufik Hidayat dan kawan-kawan bakal bertemu tim kuat Malaysia yang diperkuat pebulu tangkis peringkat satu dunia, Lee Chong Wei, dan ganda putra yang kuat, Koen Keat Koo/Tan Boon Heong, pada Rabu (25/5/2011).

Malaysia sebelum bertemu Indonesia juga akan bertemu Rusia pada Senin (23/5/2011). Lee Chong Wei dan kawan-kawan diperkirakan tidak akan menemui kesulitan untuk mengalahkan Rusia dan pertandingan melawan Indonesia merupakan pertandingan untuk menentukan juara grup.

Indonesia yang diunggulkan di tempat ketiga setelah China dan Denmark masuk Grup B bersama Malaysia dan Rusia, sedangkan tuan rumah China masuk grup A bersama Jerman dan Jepang. Kemudian, Denmark yang merupakan unggulan kedua masuk Grup D bersama Inggris dan Korea, sedangkan Taiwan sebagai unggulan keempat masuk Grup C bersama Thailand dan India.

Tim Indonesia terdiri atas 18 pemain untuk Piala Sudirman mendatang, yaitu Taufik Hidayat (SGS PLN Bandung), Simon Santoso (Tangkas Alfamart), dan Dionysius Hayom Rumbaka (Djarum Kudus). Kemudian, untuk tunggal putri ada Lindaweni Fenetri (Jaya Raya Suryanaga), Adriyanti Firfasari (Jaya Raya), ganda putra adalah Bona Septano (Jaya Raya), Muhammad Ahsan (Djarum Kudus), Alvent Yulianto (Jaya Raya Suryanaga), dan Hendra Aprida Gunawan (SGS PLN Bandung).

Pada ganda putri terdapat Greysia Polii (Jaya Raya), Meliana Jauhari (Djarum Kudus), Nitya Krishinda (Jaya Raya), dan Anneke Feinya Aguntine (Jaya Raya). Pada ganda campuran terdapat Tantowi Ahmad (Djarum Kudus), Lilyana Natsir (Tangkas Alfamart), Fran Kurniawan (Djarum Kudus), Pia Zebadiah (Jaya Raya), serta Debby Susanto (Djarum Kudus).

Selain Indonesia melawan Rusia, pada hari pertama juga akan bertarung tuan rumah China melawan Jerman (Grup A), Taiwan menghadapi India (Grup C), serta Denmark melawan Inggris (Grup D).



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X