Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alonso Yakin Bisa Juara Dunia Lagi

Kompas.com - 11/05/2011, 21:06 WIB

KOMPAS.com — Fernando Alonso tetap punya keyakinan bahwa dirinya masih bisa bertarung untuk memperebutkan gelar juara dunia Formula 1 musim 2011. Namun, menurut pebalap asal Spanyol tersebut, tekad itu bisa terwujud jika Ferrari meneruskan performanya seperti ketika tampil di GP Turki pada akhir pekan lalu.

Dalam balapan di Sirkuit Istanbul itu, Alonso berhasil finis di posisi ketiga dan hal tersebut sekaligus menjadi podium pertama baginya untuk musim 2011. Ini adalah penampilan terbaik Ferrari setelah sebelumnya terseok-seok pada tiga seri perdana.

Dengan hasil yang cukup memuaskan tersebut, Alonso menguak kembali asa untuk menjadi juara dunia. Meskipun masih perlu perjuangan yang keras untuk mengejar pebalap Red Bull Racing, Sebastian Vettel, yang sudah memenangi tiga seri, Alonso tetap yakin dengan kemampuan Ferrari.

"Anda tahu, saya senang bermain dengan nomor-nomor. Ketika saya melakukan perjalanan kembali dan pergi antara rumah, Maranello, dan Turki, saya membuat sebuah perbandingan antara empat balapan pertama saya pada tahun lalu dan pada musim ini," ujar Alonso melalui situs resmi Ferrari.

"Apa yang muncul dari permainan kecil ini, jika dibandingkan dengan musim 2010, adalah saya masih kurang delapan poin (49 vs 41). Namun, dalam empat balapan yang sama, pada tahun ini, saya sudah membawa pulang 13 poin lebih banyak dibandingkan tahun lalu (41 vs 28).

"Benar bahwa selisih poin saya dengan pebalap paling atas sangat besar (52 poin) dibandingkan dengan apa yang saya miliki setelah Shanghai pada musim 2010 (11 poin). Walau demikian, saya bisa mengembalikan kondisi dengan baik setelah Silverstone. Di sirkuit itu, kami unggul 47 poin dan kami tinggal memiliki delapan seri."

"Hari ini kami masih memiliki 15 seri lagi. Ini memperlihatkan bahwa Anda bisa melihat hal yang sama dari dua sisi berbeda, yang tentu saja berlawanan. Yang penting adalah hasil, dan kami sudah memulainya dengan meraih podium. Kami harus berada di sana secara reguler. Jika demikian, maka saya yakin kami kembali bisa bertarung untuk menjadi juara dunia."

Menurut Alonso, juara dunia 2005 dan 2006 di podium GP Turki telah meningkatkan kewibawaan tim. Meskipun demikian, mantan pebalap Renault dan McLaren tersebut meminta skuad Maranello tidak boleh puas dengan hanya naik podium nomor tiga dan harus tetap berjuang hingga bisa meraih banyak kemenangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com