Maria Febe Tak Masuk Daftar Tim Sudirman

Kompas.com - 10/05/2011, 15:37 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

SEMARANG, KOMPAS.com — Sebanyak enam pebulu tangkis PB Djarum Kudus masuk tim Indonesia yang diterjunkan pada Piala Sudirman di Qingdao, China, 22-29 Mei 2011. Namun, nama pemain tunggal putri Maria Febe Kusumastuti tidak masuk daftar.

Ketua PB Djarum Kudus Yoppy Rosimin ketika dihubungi dari Semarang, Jawa Tengah, Selasa (10/5/2011), mengatakan, untuk tunggal putra Dionysius Hayom Rumbaka, ganda putra Muhammad Ahsan, ganda putri Meliana Jauhari dan Debby Susanto, serta ganda campuran Tantowi Ahmad dan Fran Kurniawan.

Menurut Yoppy, tidak masuknya Maria Febe dalam tim Piala Sudirman merupakan penilaian tim pelatih. Karena itu, pihak PB Djarum harus menerimanya.

Ia mengatakan, justru dengan kejadian seperti ini menjadi cambuk bagi Maria Febe untuk lebih keras lagi menjalani latihan. "Buktikan bahwa dia (Maria Febe Kusumastuti) masih ada," katanya.

Menurut dia, penilaian tim pelatih terhadap Maria Febe kemungkinan berdasarkan dua kali turnamen internasional yang diikutinya, yaitu India Open Super Series dan Malaysia Open Grand Prix Gold. Dalam dua event tersebut, prestasi Maria Febe buruk.

Di India Open Super Series di New Delhi, 26 April-1 Mei 2011, Maria Febe yang absen dari turnamen internasional selama dua bulan gagal di babak pertama karena kalah dari pebulu tangkis Singapura, Juan Gu, dengan dua gim langsung, 11-21, 11-21. Kemudian di Malaysia Open Grand Prix Gold, 3-8 Mei 2011, Maria Febe hanya bertahan di babak kedua setelah ditumbangkan unggulan ketiga dari China, Jiang Yanjiao, dengan dua gim, 12-21, 16-21.

Pada babak pertama, Maria Febe menumbangkan pebulu tangkis Thailand, Salakjit Ponsana, dua gim, 21-8 dan 21-16.

Indonesia sudah menetapkan 18 pemain yang masuk tim Piala Sudirman, yaitu Taufik Hidayat, Simon Santoso, Hayom Rumbaka, Adriyanti Firdasari, Lindaweni Fenetri, Bona Saptano, Mohammad Ahsan, Alvent Yulianto, Hendra Aprida Gunawan, Greysia Polii, Meliana Jauhari, Nitya Krishinda, Anneke Feinya Agustine, Tantowi Ahmad, Liliyana Natsir, Fran Kurniawan, Pia Zebadiah, dan Debby Susanto.

Pada kejuaraan bulu tangkis dunia beregu campuran yang sudah digelar 11 kali ini, Indonesia baru merebut piala tersebut sekali saat turnamen itu pertama kali digelar di Jakarta tahun 1989. Setelah itu, Indonesia hanya mampu mencapai babak final sebanyak enam kali. Pada penyelenggaraan terakhir di Guangzhou, China, dua tahun yang lalu, Indonesia hanya sampai babak semifinal.

China menjadi negara terbanyak yang menggondol piala tersebut, yaitu tujuh kali (1995-2001 dan 2005-2009), sedangkan Korea Selatan sebanyak tiga kali.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X