Djokovic Berpeluang Geser Nadal di Nomor Satu

Kompas.com - 10/05/2011, 05:17 WIB
Editor

madrid, senin - Petenis Serbia, Novak Djokovic, berpeluang menggeser Rafael Nadal dari kursi petenis nomor satu dunia setelah untuk ketiga kalinya sepanjang tahun ini mengalahkan Nadal pada partai final.

Djokovic mematahkan rekor tak terkalahkan Nadal di lapangan tanah liat sejak 2009, setelah memenangi pertarungan di Madrid Terbuka, Minggu (8/5), dengan straight set, 7-5 dan 6-4.

Djokovic, yang kini berada di peringkat kedua, akan bertanding kembali pada turnamen lapangan tanah liat di Roma. Nadal juga akan tampil pada turnamen tersebut. Jika Djokovic berhasil memenangi turnamen di Roma itu dan Nadal gagal mencapai semifinal, petenis Serbia itu akan mendapatkan impiannya sebagai petenis nomor satu dunia, yang sejak 2004 hanya dikuasai Roger Federer dan Nadal.

Kemenangan Djokovic juga disambut dengan euforia media-media Serbia, yang menyebut petenis kebanggaannya itu dengan julukan ”Raja Nole”.

Semua media massa Serbia mengagung-agungkan kemenangan Djokovic atas Nadal. ”Novak Djokovic Tak Terkalahkan,” tulis harian Politika yang sangat berpengaruh.

Ketenangan Nadal

Sebaliknya Nadal, yang kini berusia 24 tahun, tampak tenang saja dengan meroketnya Djokovic, termasuk kekalahan ketiga kalinya dari Djokovic.

”Jika saya kehilangan nomor satu, itu bukan berarti berakhirnya dunia. Saya akan berusaha bekerja lebih keras dan berusaha mengalahkan dia. Hasil yang baik akan datang dan Anda harus bersabar. Saya hampir 25 tahun dan telah bermain lebih dari apa yang pernah saya impikan ketika memulainya,” ucap petenis asal Mallorca, Spanyol itu.

Nadal menambahkan, dalam setiap kehidupan, ada saat-saat ketika seseorang berada dalam posisi di puncak dan saat-saat lainnya. ”Saya tidak berada di bawah sekarang. Saya masih di atas, tetapi lawan saya berada di titik teratas kehidupannya,” katanya.

Mengenai konsistensi permainannya sepanjang tahun ini, Djokovic meyakini bisa terus mempertahankannya. ”Saya punya pola pandang yang berbeda sekarang. Saya lebih stabil dan tahu bagaimana berpikir benar,” ujarnya setelah kemenangan di Madrid.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X