Djokovic Fantastis dan Perpanjang Rekor

Kompas.com - 09/05/2011, 15:43 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

MADRID, Kompsa.com - Novak Djokovic terus memperpanjang kemenangannya pada musim 2011 ini. Kini, petenis Serbia tersebut mencatat 32 kali menang ketika mengalahkan Rafael Nadal 7-5, 6-4 pada final Madrid Masters, Minggu (8/5/11), sekaligus modal berharga menghadapi Perancis Terbuka.

Bukan cuma mempertahankan rekor tak terkalahkan. Hasil di Madrid itu pun menjadi sebuah catatan baru, di mana Djokovic untuk pertama kalinya mengalahkan Nadal di atas lapangan tanah liat, dalam dua tahun terakhir ini.

Nadal, juara bertahan, terakhir kali kalah di atas permukaan lapangan tanah liat pada putaran keempat Perancis Terbuka, saat berhadapan dengan Robin Soderling pada Mei 2009. Kini dia menciptakan 37 kemenangan tanpa kalah.  

Djokovic, petenis nomor dua dunia, kini sudah menang tiga kali dalam tiga pertandingan Masters 1000 atas Nadal. Sebelumnya, dia juga mengalahkan peringkat pertama dunia itu di Indian Wells dan Miami pada Maret dan April lalu.

Kemenangan Minggu juga merupakan yang pertama dialami petenis Serbia itu atas Nadal di atas lapangan tanah liat dalam sembilan pertemuan mereka sebelumnya. Kemenangannya ini merupakan yang ke-32 pada 2011 dan dua kemenangan di Piala Davis pada Desember lalu.

Rekor Djokovic pada awal musim ini sebagai yang terbaik, sejak yang diciptakan John McEnroe pada 1984 ketika ia membuat rekor 42-0. Ia menderita kekalahan terakhir atas Roger Federer di semifinal Tur Dunia di London pada 27 November 2010.  

"Saya berjalan menunju langan dengan pikiran saya pasti menang," kata Djokovic. "Saya amat gembira dengan permainan saya. Lapangan amat cepat dan saya beruntung dapat melakukannya."  

Djokovic memiliki kata-kata kusus untuk Nadal, yang akan bermain di Roma pekan depan, sebelum tampil di Perancis Terbuka pada 22 Mei.  

"Saya selalu merasa senang bertemu dengan dia--dia juara yang hebat," katanya.  

Nadal mengatakan ia berharap menjadi "beruntung ketiga kalinya" setelah kekalahan atas Djokovic di Indian Wells dan Miami.

"Saya harus bekerja keras untuk dapat mengalahkan dia," kata petenis nomor satu dunia itu. "Dia amat tangguh pada awal musim ini."  

Djokovic bermain selama dua jam 17 menit dengan membuat 27 winners dan 26 kesalahan, sedaggkan Nadal, bermain di hadapan sektar 15.000 penonton di Caya Magica, membuat 17 winners.

Dalam delapan kemenangan Masters dalam kariernya, Djokovic sudah mengangkat piala kemenangan itu di enam tempat berbeda.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X