Vettel Sempurna, Red Bull 1-2

Kompas.com - 08/05/2011, 20:24 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

ISTANBUL, Kompas.com — Sebastian Vettel tampil sangat impresif dan memenangi balapan Formula 1 di Sirkuit Istanbul, Turki, Minggu (8/5/2011). Start dari pole position, pebalap Red Bull Racing menyempurnakan penampilannya karena tak tersentuh sejak lap 1 hingga 58, untuk membukukan kemenangan ketiga dari empat seri musim 2011.

Pada balapan ini, Red Bull juga menunjukkan performa yang luar biasa karena mereka finis di posisi 1-2, menyusul keberhasilan Mark Webber menjadi runner-up. Rekan setim Vettel ini memenangi duel seru dengan Fernando Alonso ketika balapan tersisa 6 lap, yang membuat pebalap Ferrari tersebut harus puas naik podium nomor tiga, disusul Lewis Hamilton, Nico Rosberg, Jenson Button, dan Nick Heidfeld.

Dengan hasil seri keempat ini, Vettel kokoh di puncak klasemen dengan total 93 poin, disusul Hamilton yang mengumpulkan 59 poin dan Webber 55 poin. Meskipun kompetisi masih sangat panjang, jika tampil konsisten, Vettel punya peluang yang sangat besar untuk kembali merajai ajang balapan jet darat ini.

Jalannya balapan

Ketika lima lampu merah padam, para pebalap mulai menggeber mobilnya. Vettel melakukan start dengan sangat baik sehingga dia bisa mempertahankan posisinya sebagai pemimpin jalannya lomba, begitu juga dengan Rosberg yang langsung menyodok ke urutan kedua dari posisi ketiga, ketika keluar dari tikungan 2. Di belakangnya berturut-turut ada Webber dan Alonso.

Seperti yang sudah diduga, Vettel terus memperlebar gap dengan para pesaing terdekatnya. Pada lap kedua, dia sudah unggul 1,2 detik atas Rosberg.

Memasuk lap ketiga, Michael Schumacher, yang mampu naik satu strip ke urutan ketujuh, bersenggolan dengan pebalap Renault, Vitaly Petrov. Di tikungan 12, Petrov berusaha mendorong dari sisi dalam sehingga terjadi kontak dengan Schumi, yang membuat sayap depan mobil Mercedes pebalap Jerman itu rusak dan dia harus masuk pit untuk melakukan perbaikan.

Sementara itu, Webber terus membayang-bayangi Rosberg untuk merebut kembali posisi kedua yang ditempatinya saat start. Di bagian belakang, Felipe Massa, yang start dari posisi ke-10, berhasil menyalip Petrov untuk menempati urutan ketujuh.

Lap keempat, Hamilton mencoba menggunakan DRS untuk mengejar rekan setimnya, Jenson Button, di tikungan 12. Akan tetapi, juara dunia 2008 ini tak mampu melewatinya. Duo McLaren ini masih berada di belakang jagoan Ferrari, Alonso.

Pada lap keenam, usaha Webber membuahkan hasil. Menggunakan DRS, pebalap Australia tersebut dengan mudah melewati Mercedes milik Rosberg sehingga dia kembali ke posisi semula saat melakukan start. Sementara Vettel yang nyaman di posisi terdepan semakin jauh dengan selisih waktu 4,4 detik.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X