Sebastian Vettel Menyamai Rekor Mika Hakkinen

Kompas.com - 08/05/2011, 03:12 WIB
Editor

Istanbul, Kompas - Juara dunia asal tim Red Bull, Sebastian Vettel, menempati posisi pole pada seri keempat balapan Formula One di Sirkuit Istanbul Park, Istanbul, Turki, Minggu ini. Pada sesi kualifikasi Sabtu (7/5) siang, Vettel menempatkan diri sebagai pebalap tercepat dengan catatan waktu 1 menit 25,049 detik.

Wartawan Kompas, Mahdi Muhammad, melaporkan dari Istanbul, posisi kedua ditempati rekan satu timnya, Mark Webber, dengan waktu 1 menit 25,424 detik, disusul Nico Rosberg (Mercedes GP Petronas) dengan waktu 1 menit 25,574 detik.

Vettel, yang mengalami kecelakaan pada sesi latihan Jumat (6/5), menyamai rekor pebalap Finlandia, Mika Hakkinen, yang pernah empat kali berturut-turut merebut posisi pole pada musim balap tahun 1999.

Pada sesi pertama latihan, Vettel mencatat waktu 1 menit 44,954 detik dan berada di posisi ke-17 dari 24 pebalap. Namun pada sesi ketiga, Vettel melaju sangat cepat dan berada di posisi pertama.

”Saya sangat menyukai lintasan di sirkuit ini dan itu sangat membantu melepaskan diri dari trauma akibat kecelakaan sehari sebelumnya. Hal ini ditambah lagi dengan kerja tim mekanik yang berhasil memperbaiki kendaraan yang rusak. Saya merasakan irama berlomba yang menyenangkan di sini,” katanya.

Michael Schumacher (Mercedes GP Petronas F1) selama sesi latihan selalu berada di posisi lima besar. Pada sesi latihan kedua, Schummy masih menempati posisi kedua dengan catatan waktu 1 menit 26,038 detik atau hanya terpaut kurang 0,001 detik dari Vettel.

Akan tetapi, juara dunia tujuh kali itu tidak bisa mempertahankan catatan waktunya dan melorot ke posisi kedelapan sesi kualifikasi dengan catatan waktu 1 menit 26,646 detik. Cuaca di sirkuit cerah dengan suhu sekitar 18 celsius. Ini berbeda dengan ramalan cuaca semula yang memperkirakan hujan akan turun.

GP3

Sementara itu pebalap muda Indonesia yang mengikuti balapan GP3, Rio Haryanto, memulai balapan dengan hasil kurang memuaskan. Rio, yang bergabung dengan tim Marussia Manor Racing, hanya menempati posisi ke-13 pada sesi kualifikasi dengan catatan waktu 1 menit 45,825 detik. Rio keluar dari balapan setelah mengalami kerusakan ban pada putaran ke-13.

Rio mengatakan, pada sesi latihan, mobil yang dia kendarai mengalami oversteer. Sebaliknya, mobil yang dipakai pada musim balapan lalu mengalami understeer. Sebelum keluar dari arena, Rio berada di posisi ke-11.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X