Vettel Start Terdepan, F1 Turki Bakal Seru

Kompas.com - 07/05/2011, 18:58 WIB
EditorBastian

ISTANBUL, KOMPAS.com - Gagal memenangi F1 China, Sebastian Vettel dari tim Red Bull Racing membuka peluang memenangkan GP F1 China, Minggu (8/5) setelah berhasil menempatkan diri start paling depan. Dalam sesi kualifikasi, juara dunia itu mencatat waktu terbaiknya dengan 1 meni9t 25,049 detik.

Red Bull di ajang seri IV yang menempuh 58 lap nanti menempatkan dua mobilnya di depan. Webber berada di urutan kedua dan ini sangat memungkinkan tim banteng ini menuai kemenangan.

Sementara di urutan ketiga ditempati Nico Rosberg. Pebalap Mercedes ini pada masa injury time berusaha coba menggeser Webber. Namun di section kedua di trek sepanjang 5,338 km itu, kecepatan mobilnya kurang bagus, membuat dirinya harus puas ketiga.

Balapan yang bakal menempuh 58 lap akan berlangsung seru. Pasalnya, di belakang kedua Red Bull, ada Mercedes (Rosberg), McLaren (Hamilton) keempat dan Ferrari (Alonso) kelima.

Kualifikasi I (Q1):Massa ganti mesin

Dalam kualifikasi yang cerah dan kering ini, Ferrari melakukan kerja keras dalam memperbaiki performa mobil. Masalah gangguan hidraulis (Jumat) dan gigi enam yang kurang lancar dialami Alonso tadi pagi, sudah berhasil diatasi. Kemudian, tim memutuskan ganti mesin pada mobil rekan Alonso, Felipa Massa.

Sementara Red Bull pada sesi latihan tadi pagi membuat kejutan dengan menampilkan Vettel sebagai yang tercepat. Dalam kualifikasi ini, pimpinan tim Christian Horner menegaskan bahwa kedua mobilnya RB7 tidak mengandalkan KERS.

Pada menit ke-7, persaingan ke tangga teratas mulai terjadi di antara ketiga tim, Red Bull, Ferrari dan Mercedes. Vettel menjadi pembuka tercepat dengan 1:27,039 detik dengan keempat roda memakai ban kompon keras. Satu menit kemudian, rekan setimnya Webber menempel dengan 1:27,090 berhasil melewati Alonso dan Schumacher. Sementara Button menikung terlalu melebar di tikungan ke-4.

Dengan perolehan waktu yang baik, Red Bull tinggal konsentrasi untuk melanjutkan Q2. Duo McLaren, Hamilton dan Button mampu mengimbangi Mercedes dan bahkan menyodok di posisi ketiga dan keempat.

Sisa waktu tiga menit, Alonso yang berada di urutan kedelapan coba memperbaiki waktu. Pebalap Spanyolnya memakai ban kompon super keras. Hasilnya, ia mampu menaikkan posisinya jadi kelima. Justru Massa bikin gebrakan jelang sisa waktu satu menit dengan mempertajam waktu Vettel menjadi 1:27,013 dan tampil sebagai tercepat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X