Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tindakan "Marshal" Sudah Aman dan Tepat

Kompas.com - 29/04/2011, 22:45 WIB

KOMPAS.com — Federasi Balap Motor Internasional atau FIM menyatakan bahwa tindakan para marshal saat GP Spanyol berlangsung pada 3 April lalu sudah "aman dan tepat". Ini menjadi jawaban atas keberatan yang diajukan pebalap Repsol Honda, Casey Stoner.

Stoner mengalami kecelakaan setelah disenggol pebalap Ducati, Valentino Rossi, yang berusaha menyalipnya. Waktu itu, mereka terlibat dalam pertarungan memperebutkan posisi kedua, tetapi motor Rossi tergelincir sehingga ikut menyeret motor Stoner keluar dari lintasan.

Saat kecelakaan tersebut, para marshal bergerak cepat untuk menolong. Namun, Rossi yang pertama kali mendapat bantuan sehingga "The Doctor" bisa ikut lagi balapan (dan akhirnya finis di posisi kelima). Sementara itu, Stoner terpaksa harus meninggalkan arena balapan.

Inilah yang membuat Stoner melakukan komplain atas tindakan marshal. Menurutnya, ada ketidakadilan dalam memberikan bantuan tersebut.

Mendengar hal itu, FIM mengumumkan pada awal bulan ini bahwa mereka akan segera meninjau lagi prosedur kerja para marshal. Hasilnya, mereka mengumumkan bahwa para marshal di Jerez tidak melakukan hal yang salah, meskipun sudah direkomendasikan agar aturan ditinjau lagi untuk memperbaiki situasi.

"Setelah melihat berbagai video mengenai kecelakaan antara Valentino Rossi dan Casey Stoner dalam balapan GP Spanyol tanggal 3 April 2011 dan mendengarkan penjelasan dari Juan Alvarez, Direktur Sirkuit Jerez, direksi balapan memutuskan bahwa tindakan marshal di trek itu sudah aman dan tepat," ujar FIM dalam sebuah pernyataan.

"Direksi balapan merekomendasikan bahwa aturan Komisi Grand Prix ditinjau lagi untuk mempelajari kemungkinan jalan keluar yang bisa menghasilkan prosedur yang lebih baik."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com