M Rahman Juara Dunia di Usia Jelang 40

Kompas.com - 20/04/2011, 16:51 WIB
EditorA. Tjahjo Sasongko

BANGKOK, Kompas.com - Petinju veteran, M Rahman membuat kejutan dengan kembali menjadi juara dunia kelas terbang mini, dengan memukul KO petinju Thailand,  Kwanthai Sithmorseng, selasa.

Rahman memukul KO juara dunia Kwanthai di ronde sembilan dalam pertarungan perebutan gelar juara dunia terbang mini WBA di Bangkokthonburi University, Bangkok, Thailand.

Ini merupakan gelar juara dunia kedua buat Rahman yang pernah menyandanng gelar juara dunia kelas terbang mini versi IBF. Padahal petinju bernama lengkap Mohammad Rachman Sawaludin telah berusia hampir 40 tahun. Ia dilahirkan di Merauke, 23 Desember 1971.

Kemenangan Rahman ini merupakan kejutan besar. Pada awal pertarungan, tampaknya Kwanthai akan mudah melahap lawannya yang sepuluh tahun lebih tua ini. Bahkan di ronde kedua, Kwanthai pemilik rekor bertarung 31-1-1, 17 KO, menjatuhkan petinju Indonesia ini. Ia kemudian mendominasi pertarungan kecuali di ronde lima dan enam.

Namun di ronde kesembilan, sebuah pukulan hook kanan yang keras dari  Rahman (63-10-5, 33 KO) menyambar wajah lawannya dan membuatnya limbung. Rachman kemudian kembali menghujani dengan pukulan yang membuat lawannya terjatuh.

Saat Kwanthai bangkit, Rahman tidak mau menyia-nyiakan kesempatan dan terus menghujani lawannya dan memaksa wasit Guillermo Perez Pineda dari Panama menghentikan pertarungan.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X