Gaya Hidup yang Merusak Petinju

Kompas.com - 18/04/2011, 19:12 WIB
EditorA. Tjahjo Sasongko

BAYAMON, KOMPAS.com — Promotor tinju ternama, Bob Arum, menganggap kekalahan Juan Manuel Lopez atau Juanma dari Orlando Salido disebabkan tidak disiplinnya petinju asal Puerto Riko tersebut.

Juanma yang diunggulkan atas Salido dalam pertarungan di Bayamon, Puerto Riko, Sabtu lalu, justru kalah TKO pada ronde kedelapan. Salido, petinju asal Meksiko, bertarung secara disiplin untuk mengalahkan lawannya setelah sempat memukul jatuh pada ronde kelima.

Kekalahan ini membuat Juanma kehilangan reputasinya sebagai juara WBO sekaligus predikat petinju tidak terkalahkan. Kekalahan ini juga membuat rencana pertemuannya dengan petinju Kuba, Yuriorkis Gamboa, menjadi kabur.

"Hal-hal di luar tinju jelas merusak persiapannya," kata Arum. "Lihatlah Miguel Cotto yang jauh lebih baik sejak ia meninggalkan Puerto Riko. Ia juga selalu tampil bugar meski tidak sedang bertarung."

"Lihat apa yang terjadi pada Juanma. Ia mengalami kelebihan berat badan saat berkunjung ke Filipina (saat ulang tahun Manny Pacquiao, Desember lalu)," ungkap Arum. "Tinju pro adalah bisnis besar dan Anda harus selalu berada dalam kondisi terbaik sebelum dan sesudah bertarung."

Arum menyarankan Juanma untuk lebih memerhatikan gaya hidup yang disiplin. "Anda harus tampil terbaik. Saran saya lakukan seperti Cotto, menjelang pertarungan, pilihlah tempat berlatih di luar Puerto Riko."



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X