Pemain Putri Wajib Pakai Rok

Kompas.com - 17/04/2011, 16:23 WIB
EditorA. Tjahjo Sasongko

MUMBAI, KOMPAS.com — Para pemain bulu tangkis putri wajib mengenakan rok dalam pertandingan dunia sejak Super Series India di New Delhi, pekan depan.

Mengambil pelajaran dari dunia tenis, Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) mewajibkan para pemain putri mengenakan rok dalam pertandingan internasional mulai 1 Mei 2011. Menurut pihak BWF, peraturan ini diharap akan meningkatkan minat kepada olahraga bulu tangkis sebagai tontonan.

Para pemain tetap diizinkan mengenakan celana (pendek), namun harus dikenakan di dalam rok. Keputusan ini disambut dalam berbagai reaksi oleh para pemain.

Pemain utama dunia asal India, Saina Nehwal, mengaku tidak bermasalah dengan peraturan baru ini. Unggulan pertama India Terbuka Super Series yang berlsangsung 26 April-1 Mei ini menganggap  wajar hal ini. "Saya kira tidak ada masalah," kata Nehwal.

Pemain cantik lainnya, Jwala Gutta, juga tidak mempersoalkan masalah ini. "Saya tidak berkeberatan karena sudah mengenakannya di dalam dan di luar lapangan. Tetapi menurut saya, hal ini tidak bisa dipaksakan. Terserah kepada pemain untuk mengenakan baju seperti apa (saat bertanding)," kata Gutta.

"Kalau ingin membuat olahraga ini lebih menarik, lebih baik mereka juga meminta sponsor untuk mendesain baju seperti yang dikenakan para bintang tenis seperti (Maria) Sharapova," katanya.

Tentangan juga datang antara lain dari pemain Indonesia Liliyana Natsir. Butet menganggap rok justru akan mengganggu geraknya. "Rok justru mengganggu gerak saya," katanya. Ia sekarang mulai berlatih menggunakan rok meski masih mengenakan celana pendek di dalamnya.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X