Nadal Melaju, Federer Tersingkir

Kompas.com - 16/04/2011, 02:35 WIB
Editor

Monte Carlo, Jumat - Petenis nomor satu dunia yang juga berjuluk raja lapangan tanah liat, Rafael Nadal, tanpa kesulitan melaju ke semifinal turnamen Monte Carlo Rolex Masters. Nadal menghentikan Ivan Ljubicic (Kroasia), 6-1, 6-3, Jumat (15/4).

Sebelum pertarungan Nadal- Ljubicic, harapan akan terjadi pertarungan Nadal-Federer di Monte-Carlo gagal terwujud. Roger Federer yang menempati unggulan kedua secara mengejutkan kalah dari unggulan ketujuh Jurgen Melzer (Austria), 4-6, 4-6.

Pertarungan Andy Murray (Inggris) melawan Frederico Gil (Portugis) saat berita ini diturunkan masih berlangsung. Murray merebut set pertama 6-2. Pemenang pertandingan ini akan berhadapan dengan Nadal.

Melawan Gil yang berperingkat ke-82, Murray bermain taktis dengan beberapa kali melepaskan dropshot dan mencegat bola di depan net. Akan tetapi, petenis Inggris itu masih banyak membuat kesalahan servis.

Perempat final lainnya, petenis nomor enam dunia David Ferrer (Spanyol) menggenapkan catatan kemenangannya di turnamen-turnamen seri ATP menjadi 100 kali setelah mengalahkan Victor Troicki (Serbia), 6-3, 6-3. Di semifinal Monte Carlo Rolex Masters itu, Ferrer akan berhadapan dengan Melzer.

Nadal unggul total

Pertandingan Nadal melawan Ljubicic berjalan kurang menarik karena petenis Spanyol itu unggul segalanya atas Ljubicic.

Pada set pertama, Nadal praktis mendikte lawannya dengan pukulan-pukulan tajam mengarah ke baseline. Ljubicic sanggup melayani beberapa kali permainan reli Nadal, tetapi akhirnya dia keteteran dan semakin banyak memukul bola ke luar lapangan.

Set berikutnya, Ljubicic tampil lebih baik dan memaksa Nadal lebih bekerja keras. Akan tetapi, akurasi pukulan petenis Kroasia itu lemah sehingga Nadal banyak mendulang angka dari pengembalian bola keluar.

Sementara bagi Federer, lapangan tanah liat masih menjadi kendala besar untuk tampil hingga ke puncak, ditambah angin yang beberapa kali bertiup kencang. Tiupan angin membuat debu tanah beterbangan dan para pemain harus menunggu beberapa saat untuk menghindar.

   Melzer mendapat masalah dan kesakitan di lehernya. Namun, ia bisa tampil baik setelah mendapat perawatan. Dia mampu memanfaatkan tujuh kesempatan breakpoint dengan baik, sedangkan Federer hanya dapat memanfaatkan tiga dari lima kesempatan breakpoint.

”Saya tidak merasa penampilan saya sangat buruk. Ini baru minggu pertama di lapangan tanah, jadi saya tidak memperkirakan tampil di tingkat terbaik,” kata Federer. (AP/AFP/Reuters/OKI)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X