Alonso Pesimistis dengan Peluang Ferrari

Kompas.com - 08/04/2011, 16:58 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

SEPANG, Kompas.com - Fernando Alonso mulai pesimistis dengan peluang Ferrari pada seri kedua Formula 1 (F1) 2011 di Sepang, Malaysia, pada akhir pekan ini. Adalah hasil selama dua kali latihan pada Jumat (8/4/11), yang membuat pebalap Spanyol itu merasa tidak yakin.

Alonso, yang finis di posisi empat pada seri pembuka di Australia dua pekan lalu, hanya berada di posisi sembilan pada latihan kedua di Sepang. Dia terpaut 1,7 detik dari pebalap Red Bull Racing, Mark Webber.

Sementara itu, rekan setim Alonso, Felipe Massa, menempati posisi yang lebih bagus yaitu keenam. Tetapi, pebalap asal Brasil tersebut tertinggal 1,2 detik dari Webber, yang mendominasi latihan hari pertama ini.

Berdasarkan hasil yang ditunjukkan, Alonso merasa Ferrari sulit bersaing dengan para rivalnya, meskipun baru hari Jumat. Menurut juara dunia 2005 dan 2006 tersebut, "Scuderia" tak memiliki sesuatu yang bagus untuk diandalkan menghadapi Red Bull dan McLaren.

"Kami akan melihat besok di mana kami berada. Tetapi hari ini kami tidak terlalu cepat, dan besok kami tidak mengharapkan mukjizat," ujar Alonso kepada wartawan Spanyol.

"Kami tahu, ini akan menjadi kualifikasi yang sulit, akhir pekan yang sulit, dan kami akan berusaha melakukan yang terbaik sehingga bisa sedekat mungkin dengan para pebalap di depan, sehingga dalam balapan nanti, dengan start bagus, keausan ban, strategi, kemungkinan hujan, kami bisa mengambil kesempatan untuk berada di podium, yang masih menjadi target setiap akhir pekan."

Mantan pebalap Renault dan McLaren ini menambahkan: "Saya menyadari bahwa kami kecepatan kami kurang. Bahkan jika ini baru hari Jumat, tetapi perasaanku mengatakan bahwa mereka cukup cepat, terutama Red Bull, sehingga berjuang untuk menempati pole pasti sulit.

"Tetapi kami akan berusaha melakukan yang terbaik dan juga melihat cuaca. Kami akan melihat bagaimana kondisi trek dan kami akan mencoba untuk mengambil setiap kesempatan yang muncul."

Meskipun demikian, Alonso yakin kualifikasi tak terlalu memegang peranan penting. Menurutnya, cuaca dan keausan ban akan menjadi faktor utama dan memiliki peran paling besar saat balapan nanti.

"Saya pikir, ini akan menjadi balapan di mana kualifikasi menjadi yang yang tidak terlalu penting dibandingkan dengan sirkuit-sirkuit lain. Pertama karena faktor keausan ban dan jumlah pitstop yang harus kami lakukan, dan kedua karena kemungkinan hujan pada hari Minggu."



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X