Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tommy Tantang Boonsak, Firda Lawan China

Kompas.com - 07/04/2011, 16:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Tommy Sugiarto maju ke perempat final turnamen Australia Terbuka Grand Prix Gold 2011. Mantan pemain pelatnas Cipayung tersebut lolos setelah menghentikan langkah unggulan kelima dari Jepang, Kazushi Yamada, 21-12, 21-10, Kamis (7/4/2011).

Namun pada babak delapan besar nanti, Tommy bakal menghadapi ujian yang sangat berat. Pasalnya, unggulan kesembilan ini harus bertemu unggulan utama asal Thailand, Boonsak Ponsana, yang menang 21-18, 21-14 atas unggulan ke-13 dari India, Arvind Bhat.

Tommy menjadi satu-satunya harapan Indonesia di sektor tunggal putra setelah kemarin pemain PB Djarum Kudus, Andre Kurniawan Tedjono, terhenti di babak ketiga. Andre ditaklukkan pemain Malaysia yang merupakan mantan juara All England, Muhammad Hafiz Hashim.

Firda lolos, Aprilla kandas

Dari sektor tunggal putri, dua pemain Indonesia yang tergabung di pelatnas Cipayung mengalami nasib yang berbeda di babak kedua turnamen berhadiah 120.000 dollar AS ini. Adriyanti Firdasari meraih kemenangan, sedangkan Aprilla Yuswandari kandas.

Firda, yang sehari sebelumnya menaklukkan unggulan kelima dari Jepang, Ai Goto, mempertahankan momentumnya untuk bangkit dan terus memelihara asa meraih gelar pertama pada tahun ini. Dia maju ke babak delapan besar setelah menang 21-15, 21-11 atas pemain kualifikasi dari Taiwan, Pai Yu Po, yang sebelumnya menyingkirkan pemain Indonesia, Ana Rovita.

Namun di perempat final nanti, Firda harus mempersiapkan diri secara lebih baik lagi jika ingin meruntuhkan tembok raksasa yang menghalanginya. Sebab, Firda akan bertemu bekas pemain top China, Wang Lin, yang menang 21-12, 21-17 atas pemain Jepang, Ayane Kurihara. Sehari sebelumnya, Wang Lin menghentikan langkah unggulan kedua dari Hongkong, Yip Pui Yin.

Sayang, keberhasilan Firda tak diikuti oleh Aprilla. Menghadapi unggulan keenam dari Thailand, Porntip Buranaprasertsuk, Aprilla menyerah dalam pertarungan dua game, 19-21, 12-21. Porntip juga menjadi penjegal pemain Indonesia lainnya di babak pertama, Fransiska Ratnasari.

Saat ini sedang bertarung dua wakil Indonesia yang tampil di sektor ganda putri, yaitu Anneke Feinya Agustin/Nitya Krishinda Maheswari, dan unggulan kedua di ganda putra, Alvent Yulianto Chandra/Hendra Aprida Gunawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com