Lorenzo Juara, Rossi Menawan

Kompas.com - 03/04/2011, 19:49 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

JEREZ, KOMPAS.com — Jorge Lorenzo memenangi balapan penuh drama di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (3/4/2011), yang diwarnai insiden tujuh kecelakaan. Di hadapan pendukungnya, pebalap Yamaha tersebut mengalahkan Dani Pedrosa (Repsol Honda) dan Nicky Hayden (Ducati), yang berturut-turut finis di belakangnya. Dengan hasil tersebut, Lorenzo kini memimpin klasemen sementara dengan nilai 45, disusul Pedrosa dengan poin 36 dan Stoner (25).

Sementara itu, nasib sial menimpa sejumlah pebalap, termasuk Casey Stoner dan Valentino Rossi. Ketika sedang bertarung untuk memperebutkan posisi kedua, mereka terlibat kecelakaan pada lap ketujuh, membuat Stoner jatuh dan gagal melanjutkan lomba.

Namun, Rossi yang start dari posisi ke-12 berhasil menyelesaikan lomba. Sempat ditindih motornya, "The Doctor" bangun untuk berjuang lagi dari bawah. Pelan tetapi pasti dia mulai menyodok ke depan dan berhasil finis di urutan lima.

Jalannya lomba

Saat lampu merah padam tanda balapan dimulai, Stoner langsung mengambil alih jalannya lomba. Di belakangnya ada pebalap Yamaha, Lorenzo, yang terus menempel. Sementara itu, Marco Simoncelli yang start dari urutan keenam juga membuat lompatan yang bagus karena bisa merebut posisi ketiga. Rossi pun tak mau ketinggalan. Start dari posisi ke-12, pebalap Ducati tersebut menyodok ke barisan depan.

Berbanding terbalik dengan rekan Stoner, Dani Pedrosa justru melorot. Pebalap Spanyol ini melakukan start kurang bagus sehingga turun ke urutan empat dari posisi kedua saat start.

Pada lap kedua, Rossi mulai menyodok ke depan dengan melewati Andrea Dovizioso. "The Doctor" terus membesut Desmosedici GP11 miliknya dengan kencang sehingga pada lap ketiga dia berhasil membuat fastest lap dan menempati urutan keempat. Secara perlahan dia berusaha mengejar tiga pebalap terdepan, Stoner-Lorenzo-Simoncelli, yang bersaing ketat.

Pada lap keempat, terjadi perubahan posisi di sektor depan. Simoncelli berhasil melakukan manuver saat menikung ke kanan, di mana dia mengambil dari sisi dalam sehingga melewati Lorenzo. Tak berhenti di situ. Pebalap berambut jabrik ini kembali melakukan aksi salip untuk melewati Stoner dan mengambil alih jalannya lomba saat lap keempat.

Persaingan di sektor depan semakin seru setelah Rossi kian merapat. Juara dunia tujuh kali MotoGP ini tak perlu waktu yang lama untuk memperbaiki posisinya karena pada lap keenam dia berhasil melewati Lorenzo dan mulai memberikan ancaman kepada Stoner.

Namun, aksi gemilang Rossi tak berlangsung mulus karena pada lap ketujuh dia harus menerima kenyataan pahit. Ketika akan menyalip Stoner saat menikung ke kanan, motornya tergelincir. Akibatnya, dia terjatuh begitu juga dengan Stoner, yang tak bisa menghindari kejadian tersebut. Setelah mendapat pertolongan, Rossi yang sempat tertindih motornya bisa bangun dan melanjutkan lomba, sedangkan Stoner langsung meninggalkan arena.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X