Simoncelli Yakin Imbangi Rossi-Lorenzo

Kompas.com - 02/04/2011, 11:38 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

JEREZ, Kompas.com - Marco Simoncelli yakin, dia bisa bersaing dengan Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi, untuk mengejar podium nomor tiga GP Spanyol akhir pekan ini. Pebalap Italia yang membesut Gresini Honda tersebut mengatakan demikian, setelah melihat hasil latihan bebas pertama dan kedua pada hari Jumat (1/4/11) di Sirkuit Jerez.

Simoncelli mengakui, rasanya sulit untuk memasang target menjadi juara ataupun runner-up. Pasalnya, duo Repsol Honda, Dani Pedrosa dan Casey Stoner, masih terlalu tangguh untuk dikalahkan, setelah mereka secara bergantian mencatat waktu terbaik dalam latihan bebas tersebut.

Dalam dua sesi latihan bebas hari pertama itu, Simoncelli selalu berada di posisi empat dan secara konsisten hanya terpaut 0,6 detik dari pebalap tercepat. Tetapi untuk sesi pertama, Stoner menjadi yang tercepat dan pada sesi kedua di sore hari, giliran Pedrosa yang mengalahkan rekan setimnya tersebut.

Sementara itu, Rossi, yang sejak melakukan debutnya dengan Ducati pada bulan November tahun lalu tak kunjung menemui hasil memuaskan, berhasil membuat catatan waktu yang cukup bagus. Di latihan pertama dia berada di posisi tiga, dan pada latihan kedua turun ke posisi lima (giliran Lorenzo yang berada di urutan tiga).

Dari hasil itulah, Simoncelli berani sesumbar. Pebalap berambut jabrik tersebut bertekad mengakhiri penantiannya untuk naik podium MotoGP, sejak melakukan debutnya pada musim lalu.

"Dalam dua latihan ini semuanya berjalan dengan baik meskipun kondisi pada siang hari berangin, yang membuat segalanya berlangsung lebih sulit. Kami juga menggunakan ban keras yang sama pada siang hari, yang mana ban itu juga kami gunakan pada pagi hari, dan pada akhirnya kami menyelesaikan 30 lap, sehingga hal itu juga membuat sulit," ujar mantan juara dunia kelas 250cc tersebut.

"Meskipun demikian, selain dari Pedrosa dan Stoner yang lebih cepat 0,3 atau 0,4 pada saat itu, tampaknya saya bisa bertarung dengan Rossi dan Lorenzo.

"Kami harus mencoba dan memperbaiki di wilayah tertentu, tetapi secara keseluruhan saya bahagia. Hal yang utama adalah ketika pengereman di daerah tertentu pada trek, di mana kami masih kurang dan kami perlu menemukan grip yang lebih lagi pada ban aus."

Pada seri perdana MotoGP 2011 di Qatar, 20 Maret lalu, Simoncelli finis di posisi lima. Dari beberapa hasil analisa, ada masalah teknis yang dihadapi Simoncelli, karena pengesetan mesinnya untuk mengirit bahan bakar, sehingga dia tak bisa memacu motor secara maksimal. Tetapi hal ini tak terlihat di Jerez.

"Marco terlihat percaya diri dan yang paling penting adalah bahwa ia tidak mengalami masalah yang sama tentang konsumsi bahan bakar, seperti yang dialami di Qatar," kata team principal Fausto Gresini.

Menurut jadwal, hari ini akan berlangsung latihan bebas ketiga pada pukul 15.10-15.5 WIB, dan dilanjutkan dengan kualifikasi pada pukul 18.55-19.55 WIB, untuk menentukan posisi pebalap saat balapan GP Spanyol, besok.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.