Mampukah Stoner di Sirkuit "Terburuk"?

Kompas.com - 31/03/2011, 21:25 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

JEREZ, KOMPAS.com — Casey Stoner tampil sangat perkasa dalam debutnya bersama tim Repsol Honda pada seri pembuka MotoGP 2011 di Sirkuit Losail, Qatar, 20 Maret lalu. Apakah akhir pekan ini di Jerez, Spanyol, pebalap Australia tersebut kembali menuai hasil gemilang?

Tunggu dulu! Bicara tentang motor, kita tak perlu ragu lagi dengan kekuatan dan kapabilitas mesin Honda tunggangannya. Namun, bicara rekor di Sirkuit Jerez, prestasi Stoner tak terlalu bagus, bahkan terbilang paling buruk dibandingkan dengan sirkuit-sirkuit lainnya karena dia hanya satu kali naik podium—posisi tiga pada MotoGP 2009—dari sembilan kali penampilannya di Jerez untuk semua kelas grand prix.

Tak cuma di Jerez, Stoner juga punya catatan buruk di Sirkuit Le Mans, Perancis, karena dia juga hanya satu kali naik podium nomor tiga, dari total sembilan kali membalap di sana.

Nah, dengan rekor yang buruk tersebut, menarik untuk melihat bagaimana kiprah juara dunia 2007 tersebut pada balapan hari Minggu (3/4/11). Mampukah dia bersaing dengan dua pebalap tuan rumah, yaitu rekan setim Dani Pedrosa dan juara dunia Jorge Lorenzo (Yamaha)?

Tahun lalu, Lorenzo dan Pedrosa tampil dominan di sirkuit ini, di mana mereka finis di posisi 1-2. Ketika itu, Stoner yang masih menunggang Ducati harus puas finis di posisi lima. Jika musim ini Stoner mampu membuat kejutan dan berhasil mengulangi kemenangan fantastis seperti di Qatar, maka ini tentu saja menjadi pukulan telak bagi duo Spanyol tersebut.

"Dalam beberapa tahun terakhir, saya tidak mendapatkan hasil bagus di Jerez karena saat balapan saya tidak terlalu cepat," ujar Stoner.

"Setelah melakukan start yang bagus pada musim ini, kami memiliki kesempatan untuk menyempurnakan hasil positif pada akhir pekan nanti. Kompetisi baru saja dimulai, dan kami masih harus bekerja keras."

Latihan bebas pertama di Jerez akan berlangsung pada Jumat pukul 10.10-10.55 waktu setempat atau 15.10-15.55 WIB, dilanjutkan dengan latihan bebas kedua pada pukul 14.10-14.55 (19.10-19.55 WIB). Latihan bebas ketiga akan berlangsung pada Sabtu (2/4/11) pukul 10.10-10.55 atau 15.10-15.55 WIB, dan kualifikasi pukul 15.55-14.55 (18.55-19-55 WIB). Balapannya akan berlangsung pada hari Minggu pukul 14.00 (19.00 WIB).



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X