Alonso Kecewa Ferrari Jauh Tertinggal

Kompas.com - 26/03/2011, 20:45 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

ALBERT PARK, Kompas.com — Fernando Alonso tak percaya dengan kenyataan yang dihadapi pada kualifikasi Formula 1 (F1) GP Australia, Sabtu (26/3/11). Dalam sesi tersebut, untuk menentukan posisi saat balapan pada Minggu (27/3/11), Alonso hanya mencatat waktu terbaik 1 menit 24,974 detik sehingga harus puas berada di urutan lima. Dia terpaut 1,4 detik dari pebalap Red Bull Racing yang meraih pole position, Sebastian Vettel.

Pebalap Spanyol tersebut mengakui Ferrari masih terlalu konservatif dan tampil di Q3 hanya dengan satu set ban lunak. Padahal, sebelumnya di Q1 mereka sudah menggunakan satu ban ekstra.

”Hari ini kami sangat tidak kompetitif sejak latihan,” ujar Alonso kepada kru televisi seusai kualifikasi.

”Untuk kualifikasi, kami menggunakan pendekatan yang sangat konservatif. Kami tahu jika mengambil risiko, mungkin kami bisa berada di urutan empat. Jika kami aman, mungkin di urutan lima atau enam sehingga ini bukanlah waktunya untuk mengambil risiko pada seri pertama,” tutur Alonso.

”Sayangnya, kami hanya memiliki satu pilihan di Q3. Kami berusaha untuk melakukan yang terbaik dan posisi lima menjadi hasil yang seperti diperkirakan sebelum kualifikasi,” tambahnya.

”Kami gembira dengan posisi ini, tetapi jarak dengan pole membuat kami tidak senang. Jadi, ini adalah hal yang harus kami perhatikan dan analisis malam ini,” katanya.

Juara dunia 2005 dan 2006 ini juga mengaku grip keseluruhan menjadi hal utama yang membuat Ferrari loyo.

”Kemarin grip kami bagus dan secara keseluruhan berimbang, tetapi hari ini saya dan Felipe (Massa) langsung merasa sudah berkurang. Mungkin kondisi trek sedikit kurang bagus, tetapi harus diakui, orang lain lebih baik dibandingkan kemarin,” ujar Alonso.

”Kami perlu memahami lebih baik lagi, juga jarak dari Toro Rosso, Sauber, Renault. Kami tahu dari latihan musim dingin dan kemarin kami satu detik di depan mereka, sedangkan hari ini hanya dua atau tiga per sepuluh. Jadi, jelas bahwa ada yang kurang dengan mobil kami,” katanya lagi.

”Kami akan berusaha untuk melakukan lebih baik lagi saat balapan besok dan di Sepang kami perlu untuk lebih dekat lagi dengan pole,” ujarnya.

Meskipun demikian, Alonso juga yakin bahwa Red Bull tidak akan superior saat balapan nanti. Tidak seperti ketika kualifikasi.

”Anda tidak pernah tahu sampai sesi kualifikasi pertama sebuah musim karena semuanya hanya perkiraan. Hari ini jelas bahwa gap-nya sangat besar, tetapi kemarin tampaknya agak dekat dengan mereka dan McLaren. Saya berharap ini bukan kecepatan normal kami dan kami akan lebih baik lagi pada esok hari,” ujarnya.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X