Hebat! Vettel Rebut "Pole Position"

Kompas.com - 26/03/2011, 14:02 WIB
EditorBastian

ALBERT PARK, KOMPAS.com — Pebalap Sebastian Vettel berhak menempati posisi start terdepan GP F1 Australia 2011 yang berlangsung Minggu (27/3). Andalan tim Red Bull Racing (RBR) itu, dalam sesi kualifikasi di sirkuit Albert Park, Melbourne, berhasil mengukir waktu tercepat 1:23,529 detik.

Dalam sesi pembukaan ini, persaingan bakal seru. Pasalnya, di sebelah Vettel terdapat andalan McLaren Lewis Hamilton, sedangkan pebalap tuan rumah, Mark Webber, juga rekan setim Vettel, menempati posisi start ketiga.

Q1 Heidfeld kecewa

Ketika 20 menit pertama kualifikasi 1 (Q1) berlangsung persaingan merebut pole posisi antara Red Bull dan Mclaren. Sementara Ferrari berada di luar lima besar, meski Alonso sempat tercepat ketiga pada menit kesembilan dengan memakai sayap belakang yang terbuka lebar.

Vettel langsung menggebrak dengan kecepatan terbaiknya yang menghasilkan 1:26,657 detik. Rekan setimnya, Mark Webber, membayangi dengan 1:26,707 detik.

Namun, catatan terbaik pebalap Jerman itu tak bertahan lama. Pada menit ke-10, andalan McLaren, Lewis Hamilton, menggesernya setelah mengukir tercepat 1:25,384 detik. Tapi, itu hanya bertahan satu menit karena berhasil dilampaui Vettel dengan 1:25,296 detik.

Pada Q1, pebalap veteran Nick Heidfeld memendam kekecewaannya karena tidak dapat melanjutkan Q2 karena tereliminasi.

Q2: Bendera kuning

Masuk Q2, baru jalan tiga menit bendera kuning dikibarkan lantaran Williams yang dikemudikan Rubens Barrichello menghantam dinding pembatas di tikungan ketiga.

Para pebalap tim papan atas mulai menunjukkan performa dan penampilan mereka. McLaren MP-4-26 yang disetiri Hamilton menggunakan KERS dan DRS dan meraih hasil bagus 1:25,352 detik. Sayang, waktu tercepat itu dipatahkan rekannya sendiri, Button, dengan tampil lebih cepat 0,395 detik.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X