Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stoner di Posisi Terdepan

Kompas.com - 21/03/2011, 03:10 WIB

Doha, Sabtu - Setelah memenangi sesi latihan selama dua hari berturut-turut, pebalap tim Repsol Honda, Casey Stoner, menduduki posisi terdepan dalam pembukaan musim balap MotoGP di Sirkuit Losail, Qatar, Minggu (20/3) malam. Dalam babak kualifikasi hari Sabtu, Stoner kembali tampil sebagai pebalap tercepat dengan catatan waktu 1 menit 54,137 detik.

Sejak sesi latihan resmi pertama hari Jumat (18/3) sampai babak kualifikasi, catatan waktu Stoner cenderung semakin baik. Jika pada sesi latihan resmi pertama Stoner mencatat waktu 1 menit 55,752 detik, lalu menjadi 1 menit 55,035 detik di sesi latihan ketiga, dan semakin cepat di babak kualifikasi.

Rekan satu tim Stoner, Dani Pedrosa, juga mempertahankan posisi kedua sejak latihan resmi pertama sampai babak kualifikasi. Catatan waktu tercepat Pedrosa adalah 1 menit 54,342 detik, atau selisih 0,205 detik di belakang Stoner.

Pencapaian ini membuat Pedrosa tampil di jajaran depan untuk pertama kalinya di Seri Qatar. Pedrosa juga menjadi satu-satunya pebalap yang menjadi penantang paling konsisten bagi Stoner sejak latihan pertama.

Walau terus unggul di urutan pertama, Stoner enggan menyombongkan diri. Menurut dia, semua pebalap masih berpeluang menjadi juara.

”Babak kualifikasi dan latihan berbeda dengan balapan sesungguhnya. Siapa pun dapat naik ke podium,” kata Stoner.

Sementara itu, juara dunia 2010, Jorge Lorenzo (Yamaha), membayangi di posisi ketiga dengan catatan waktu 0,810 detik di belakang Stoner. Pencapaian ini lebih baik satu tingkat ketimbang sesi latihan ketiga.

Marco Simoncelli dari tim Grescini Honda membuat kejutan dengan menyodok ke peringkat keempat setelah tercecer di peringkat ke-13 pada latihan ketiga. Simoncelli mencatat waktu 0,851 detik di belakang Stoner.

Ben Spies

(Yamaha) optimistis naik ke podium walau start di urutan kelima. Catatan waktunya berselang 0,958 detik dari Stoner. ”Start di urutan kelima dapat membuat saya berada di tengah lintasan saat berebut posisi di tikungan pertama,” kata Ben.

Posisi keenam sampai ke-10 diisi Hector Barbera (Aspar Ducati), Andrea Dovizioso (Repsol Honda), Cal Crutchlow (Tech3 Yamaha), Valentino Rossi (Ducati), dan Colin Edwards (Tech3 Yamaha).

MotoGP Seri Qatar ini diikuti 16 dari 17 pebalap. Alvaro Bautista (Suzuki) batal tampil karena tulang paha kirinya retak. Posisi Bautista digantikan John Hopkins di Seri Spanyol. (AFP/ECA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com