"Di SEA Games Pun, Berat bagi Indonesia"

Kompas.com - 15/03/2011, 21:46 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

JAKARTA, KOMPAS.com — Menjelang SEA Games 2011 di Indonesia pada November mendatang, maestro bulu tangkis Indonesia Rudy Hartono memperingatkan agar para pemain Indonesia berhati-hati. Jika tidak, harapan untuk menjadi juara bisa pupus.

"Indonesia belum tentu menang atau meraih medali emas," ujar delapan kali juara All England itu di Jakarta, Selasa (15/3/2011).

Mengacu kepada hasil para pemain Indonesia di All England pekan lalu—ketika para pemain tunggal putri berguguran di babak kualifikasi dan hanya dua ganda putra yang berhasil mencapai perempat final, Rudy memastikan akan berat bagi Indonesia untuk meraih medali emas di SEA Games sekali pun.

Indonesia menargetkan juara umum pada cabang bulu tangkis dengan meraih minimal empat medali emas seperti yang diperoleh dua tahun lalu di Laos dari nomor beregu putra, tunggal dan ganda putra, serta ganda campuran.

"Kalau ada Lee Chong Wei dan Koo Kien Keat/Tan Boon Heong (pemain tunggal dan ganda Malaysia), pemain kita belum tentu menang," katanya.

Malaysia diperkirakan akan menjadi batu sandungan terbesar bagi Indonesia untuk nomor beregu maupun perorangan, terutama pada tunggal dan ganda putra. Sedangkan pada ganda campuran, Thailand yang mempunyai finalis All England Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam dan pasangan peringkat tujuh dunia Songphon Anugritayawon/Kunchala Voravichitchaikul patut diperhitungkan.

Rudy memperkirakan, 60 persen medali emas SEA Games akan jatuh ke tangan Malaysia.

Pada SEA Games 2009 di Thailand, emas tunggal putra disumbangkan Sony Dwi Kuncoro yang mengalahkan sesama pemain Indonesia, Simon Santoso, 21-16, 21-12, sedangkan Markis Kido/Hendra Setiawan mengalahkan pasangan Malaysia, Koo Kien Keat/Tan Boon Heong, 21-17, 21-17 untuk meraih emas ganda putra. Adapun pada ganda campuran, Nova Widianto/Liliyana Natsir meraih juara setelah mengalahkan pasangan Thailand, Songphon Anugritayawon/Kunchala Voravichitchaikul, 21-10, 20-22, 21-9.

Kondisi Sony yang belum pulih sepenuhnya dari cedera dan penampilan Simon yang belum stabil, ditambah pasangan baru ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, membuat kekuatan tim Indonesia saat ini menjadi berbeda dengan dua tahun lalu.

SEA Games 2011, menurut rencana, akan digelar di Jakarta dan Palembang pada 11-25 November mendatang.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X