Stoner Antisipasi Sejumlah "Alien" 2011

Kompas.com - 09/03/2011, 20:24 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

KOMPAS.com - Empat pebalap sangat difavoritkan untuk bertarung memperebutkan gelar juara dunia MotoGP 2011. Duet Repsol Honda, Casey Stoner dan Dani Pedrosa, juara bertahan Jorge Lorenzo (Yamaha) serta pebalap Ducati Valentino Rossi digadang-gadang bakal terlibat dalam duel tersebut.

Namun Stoner tak mau terpaku pada kekuatan "big four". Pebalap Australia ini mengatakan, pihaknya harus tetap mewaspadai dan mengantisipasi munculnya beberapa "alien" pada musim baru nanti.

Memang, Stoner sangat impresif dalam debutnya dengan Honda selama tes pra-musim di Sepang, Malaysia, bulan Februari lalu. Karena itu, juara dunia 2007 tersebut termasuk kandidat terkuat untuk mempersembahkan gelar pertama bagi Honda, yang paceklik gelar selama empat tahun terakhir.

Menurut pebalap Yamaha Tech 3, Colin Edwards, ada empat nama yang patut dikedepankan untuk menjadi jawara pada musim terakhir era mesin 800cc ini. Tetapi Stoner menilai, ada beberapa rival yang patut diwaspadai, yaitu Marco Simoncelli (Gresini Honda), rekan setimnya Andrea Dovizioso, serta pebalap Yamaha Ben Spies, yang tampil cukup konsisten.

"Saya berharap ada beberapa kejutan, meskipun saya melakukannya pada tahun yang sama dan ada empat pebalap yang sama pula menjadi kandidat untuk meraih sejumlah kemenangan serta naik podium," ujar Stoner. "Saya pastikan, Dani dan Jorge akan berada di depan, tetapi Andrea juga dengan cepat berubah, begitu pun Simoncelli dan Ben Spies. Saya yakin, akan ada beberapa pebalap yang bikin kejutan sehingga perlu usaha keras untuk menjadi terdepan."

Mantan pebalap Ducati ini pun berbicara tentang Rossi, yang masih tampil jelek selama tes pra-musim dalam debutnya bersama Desmosedici GP11. Menurutnya, "The Doctor" pasti siap menghadapi seri perdana pada 20 Maret mendatang di Qatar, "Tetapi kami harus sedikit menunggu."

Memang, sejak 2008, "big four" tersebut selalu mendominasi balapan MotoGP. Hanya Dovizioso yang mampu meruntuhkan kedigdayaan empat pebalap tersebut, ketika dia memenangi GP Inggris pada tahun 2009.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X