Sirkuit Aragon 6 Tahun Lagi di MotoGP

Kompas.com - 01/03/2011, 22:39 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

KOMPAS.com - Motorland Aragon, yang melakukan debutnya di arena MotoGP sebagai sirkuit pengganti pada musim lalu, akan bertahan di kalender adu "kuda besi" ini hingga enam tahun mendatang. Pasalnya, sudah ada kesepakatan perpanjangan kontrak baru.

Sirkuit di Spanyol ini sudah masuk kalender MotoGP 2011. Tetapi Dorna Sports, Motorland Aragon dan Pemerintah Aragon, menandantangani kontrak baru pada Selasa (1/3/11) dengan durasi enam tahun. Dengan demikian, sirkuit ini akan tetap menggelar MotoGP hingga 2016.

Musim lalu, Aragon menjadi tuan rumah seri ke-13. Nama sirkuit ini masuk setelah event di Hungaria batal diselenggarakan. Dalam debutnya tersebut, pebalap Ducati Casey Stoner--yang mulai musim 2011 membela Repsol Honda--menjadi pemenang, mengalahkan Dani Pedrosa serta rekan setimnya, Nicky Hayden, yang berturut-turut ada di belakang.

Pada akhir musim, Aragon menjadi sirkuit pertama di dalam sejarah MotoGP, yang mendapat penghargaan IRTA "Best Grand Prix" dalam debutnya. Pasalnya, meskipun masih "bayi" tetapi Aragon sudah bisa mengorganisir penyelenggaraan dengan sangat baik.

Dari sisi penonton pun, Aragon mampu menarik minat para pecinta balap motor untuk datang menyaksikan secara langsung. Total, ada 116.000 penonton selama event yang berlangsung tiga hari (dari latihan, kualifikasi dan balapan), dengan 70.000 orang datang saat balapan (Minggu).

Aragon, satu dari empat seri di Spanyol yang masuk kalender MotoGP, juga untuk pertama kalinya akan jadi tuan rumah World Superbike musim ini. Aragon sudah mengikat kontrak selama tiga tahun dengan WSBK.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X