"Depak" Rossi, Jarvis Jagokan Lorenzo

Kompas.com - 01/03/2011, 21:53 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

KOMPAS.com - Direktur manajer Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis, menilai tim Repsol Honda sebagai kandidat terkuat juara dunia MotoGP 2011. Orang yang punya peranan besar membawa Valentino Rossi masuk Yamaha pada akhir 2003 tersebut berpendapat, Casey Stoner dan Dani Pedrosa bakal sulit dibendung.

Meskipun demikian, Jarvis tetap memasukkan nama juara dunia 2010, Jorge Lorenzo. Pebalap Yamaha tersebut dinilai tetap punya potensi untuk mempertahankan gelar. Dia juga tak memasukkan nama Rossi sebagai penantang terkuat tiga pebalap tadi (Pedrosa, Stoner, Lorenzo).

Hal itu disampaikannya dalam sebuah wawancara eksklusif dengan Crash.net di Sepang, Malaysia. Dia memberikan prediksi mengenai MotoGP 2011 secara umum, serta kekuatan Yamaha pasca-kepergian Rossi.

"Saya pikir faktanya demikian, bahwa Honda secara konsisten sangat cepat. Itu tak bisa dipungkiri. Selama tiga hari tes di Sepang dan pada tes pertama di sini, mereka begitu cepat. Karena itu, saya harus mengatakan kepada lawan: Jangan meremehkan Honda.

"Saya pikir, kami akan kompetitif. Itu tergantung setiap trek. Di trek yang banyak tikungan, kami berharap mendapatkan keuntungan, tetapi di trek yang membutuhkan akselerasi tinggi yang menjadi kunci. Inilah area yang kami harus bekerja keras. Di sinilah pebalap kami mengatakan bahwa Honda sangat kuat, kecepatan tinggi meskipun gigi lebih rendah."

Secara keseluruhan, Jarvis mengakui bahwa ada tujuh pebalap yang akan kompetitif. Selain tiga pebalap Repsol Honda (Stoner, Pedrosa dan Andrea Dovizioso), masih ada satu pebalap tim satelit Honda Gresini, Marco Simoncelli, dua pebalap Yamaha (Lorenzo dan Ben Spies), serta pebalap Ducati, Rossi.

"Tetapi menurut pendapat pribadiku, pertarungan untuk memperebutkan gelar juara dunia hanya antara Casey, Jorge dan Dani. Itulah harapanku. Saya pikir Vale masih perlu tambahan waktu untuk beradaptasi serta pengembangan motor. Marilah kita lihat, tetapi jangan pernah meremehkan Vale. Dengan seri pertama tinggal empat minggu lagi, dia mungkin perlu waktu lebih lama."

Mengenai kiprah Spies, yang akan menjadi tandem Lorenzo di tim pabrik Yamaha, Jarvis tetap berharap kepada rookie of the year 2010 tersebut. Apalagi, pebalap asal Texas tersebut tampil konsisten sepanjang musim lalu bersama Tech 3 Yamaha, serta menunjukkan performa impresif pada dua kali tes resmi di Sepang.

"Saya pikir dia perlu waktu untuk menjadi penantang serius juara dunia. Akan tetapi, mungkin saja saya salah. Yang bisa saya katakan adalah, dia membuat kami terkesan dan dia akan berada di trek yang tepat.

Jarvis termasuk sosok yang ikut memberikan kontribusi besar dalam kesuksesan Yamaha. Itu dimulainya dengan menggaet Rossi dari Honda pada akhir 2003, dan terus melanggengkan kekuatan mereka hingga musim 2010 lalu.

Prestasi terbaik itu mereka raih ketika memenangi tiga gelar sekaligus di MotoGP (pebalap, konstruktor dan tim) pada tiga tahun terakhir. Itu diperoleh melalui Rossi dan Lorenzo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.