Pedrosa: Rossi Harus Tetap Diwaspadai!

Kompas.com - 24/02/2011, 20:43 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

SEPANG, Kompas.com — Dani Pedrosa menegaskan lagi, salah besar jika orang menghapus nama Valentino Rossi dari persaingan memperebutkan gelar juara dunia MotoGP 2011. Pebalap asal Spanyol tersebut mengatakan, "The Doctor" punya potensi mengubah segala prediksi meskipun performanya sejauh ini masih mengecewakan.

Memang, Rossi nyaris tak berkutik selama tes pramusim di Sepang, yang sudah berlangsung dua kali. Setelah terlempar dari posisi 10 besar pada tes perdana awal bulan ini (1-3 Februari), pebalap Ducati tersebut terpuruk lagi pada latihan kedua selama tiga hari yang berakhir Kamis (24/2/2011). Rossi hanya berada di peringkat 11.

Bandingkan dengan performa Honda. Pabrik Jepang ini tampil sangat impresif karena mereka selalu mendominasi sesi latihan di Sepang. Bahkan, pada hari terakhir ini, Casey Stoner dan Pedrosa tampil mencengangkan dengan mencatat waktu kurang dari dua menit (Stoner yang menjadi tercepat mematahkan semua rekor yang pernah terjadi di Sirkuit Sepang).

Ya, Pedrosa mencetak waktu 1 menit 59,803 detik dan hanya terpaut 0,138 detik dari Stoner. Keperkasaan RC212V ini semakin nyata karena rekan setimnya mereka, Andrea Dovizioso, berada di urutan empat dan peringkat tiga dihuni pebalap Gresini Honda, Marco Simoncelli–pada latihan resmi perdana, Simoncelli menjadi yang tercepat.

Raihan tim Honda ini jauh berbeda dengan apa yang diperoleh Rossi, yang kemarin tidak ikut latihan karena sakit. Pada latihan hari terakhir ini, juara dunia tujuh kali MotoGP tersebut terpaut 1,804 detik dari Stoner lantaran finis dengan catatan waktu terbaik 2 menit 01,469 detik.

Fakta tersebut membuat Honda sangat difavoritkan untuk menjadi pemenang (minimal pada seri pembuka di Qatar pada 18 Maret mendatang). Meskipun demikian, Pedrosa mengingatkan agar Rossi tetap diperhitungkan karena Ducati masih mencari pengesetan yang tepat.

Kepada MCN, Pedrosa, yang musim lalu memenangi empat seri sebelum kecelakaan di Jepang, mengatakan: "Saya berharap ada sebuah perubahan besar dari Valentino saat balapan nanti. Dari hari Sabtu ke Minggu, bahkan ketika motornya masih sama, dia selalu menemukan sesuatu untuk balapan sehingga segala sesuatu masih mungkin baginya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tes musim dingin sudah jauh lebih baik dibandingkan dengan tahun lalu, tetapi saya pikir semua orang akan berubah dan kami harus tetap memijakkan kaki di tanah demi menggapai apa yang direncanakan. Siapa pun mungkin bisa membuat kejutan sehingga, sekali lagi, kami harus tetap menginjakkan kaki di tanah."

Memang, Rossi tampil buruk di hari terakhir tes ini. Namun, pada hari pertama, Selasa (22/2/2011), mantan pebalap Yamaha tersebut bisa memperbaiki peringkatnya untuk menempati urutan 5 dan 6. Hasil tersebut membuat Rossi cukup puas dan kubu Ducati optimistis pebalap Italia tersebut bisa meraih hasil bagus saat seri perdana nanti meskipun dia tampil dalam kondisi belum 100 persen fit akibat operasi bahu kanan pada pertengahan November lalu.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X