Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chris John Bukan Tandingan Donaire

Kompas.com - 21/02/2011, 15:53 WIB

JAKARTA, Kompas.com - Petinju Filipina, Nonito Donaire disebut sebagai satu petinju pound for pound terbaik di dunia saat ini selain Manny Pacquaio dan Floyd Mayweather Jr.

Penilaian ini diungkapkan oleh legenda tinju dunia, Roy Jones Jr setelah menyaksikan bagaimana cara Donaire mengempaskan lawannya, Fernando Montiel untuk merebut gelar juara dunia kelas bantam versi WBC dan WBO.

"Tidak ada yang mampu menyamai Pacquiao, Mayweather dan Donaire. Mayweather bisa menjadi nomor satu bila masih aktif. Pacquiao sekarang merupakan petinju peringkat puncak," kata Jones.

"Sekarang ada anak (Donaire) ini. Mereka bertiga merupakan petinju pound for pound," kata Jones.  "Ini bukan soal kontes popularitas. Namun bagaimana mereka bertinju dengan baik. Anak ini memiliki hal yang tidak dimiliki oleh petinju lainnya,' lanjut Jones.

Setelah mengalahkan Montiel, Donaire tinggal menunggu lawan berikutnya.  Ia dapat saja melakukan pertarungan unifikasi menghadapi pemenang petarungan pada 23 April mendatang antara juara IBO asal Meksiko, Abner Mares (21-0-1, 13 KO) yang akan menghadapi juara IBF, Joseph Agbeko (28-2, 22 KO).

Atau ia menunggu ememnag pertarungan perebutan gelar juara kelas bantam versi WBA antara petinju kidal Anselmo Moreno (30-1-1, 10 KO) yang akan mengfahdapi petinju venzeuela, Lorenzo Parra (31-2-1, 18 KO) pada 26 Februari mandatang.

Namun Donaire dapat juga naik kelas ke bantam super dengan menghadapi juara dunia versi IBF, Steve Molitor (33-1, 12 KO) dan juara WBO, Wilfredo Vazquez (20-0-1, 17 KO). Sementara untuk kelas bulu, terdapat nama petinju Kuba, Yuriorkis Gamboa (19-0, 15 KO) dan juara WBO,  Juan Manuel Lopez (29-0, 26 KO). Di kelas inilah bercokol super champion asal Indonesia, Chris John. Namun nama Chris John tak pernah disinggung sebagai lawan sepadan Donaire.

Donaire sendiri selalu menmepatkan diri sebagai petiju yang berada di bawah bayang-bayang nama besar Manny Pacquiao.  Apalagi ia sangat mengagumi petinju yang berasal dari kota yang sama dengannya di General Santos, Filipina. "Saya percaya, kesempatan ini datang dari Pacquiao. Saya tidak peduli bila dianggap sebagai petinju pengekor Pacquiao. Saya sangat meghormati dirinya," kata Donaire.

"Saya ingin menjadi juara tak terkalahkan di kelas yang sesuai berat saya. Namun saya mempercayakan semuanya kepada manajer saya, Cameron Dunkin jika saya harus naik kelas," kata Donaire.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com