Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chris John Fokus Latihan Fisik

Kompas.com - 12/02/2011, 16:43 WIB

SEMARANG, Kompas.com - Pemegang gelar Super Champions kelas bulu WBA, Chris John, menyiapkan fisik yang prima untuk menghadapi penantangnya, Daud "Chino" Jordan di Hall D Kemayoran, Jakarta, 17 April 2011.

"Lawan memiliki gaya bertarung counter figther, sehingga perlu persiapan fisik yang bagus," kata Chris John ketika dihubungi dari Semarang, Sabtu (12/2/11).

Menurut petinju dengan rekor bertarung 44 kali menang (22 di antaranya dengan KO) dan dua kali seri tersebut, yang utama adalah fisik dirinya. Soal teknik, persiapannya masih sama saat menghadapi petinju-petinju yang lain.

Petinju asal Kabupaten Banjarnegara, Jateng, tersebut sejak Rabu (9/2/11) kembali berlatih di Sasana Herry’s Gym Perth, Australia. Dia berlatih di bawah asuhan pelatih Craig Christian, yang juga manajernya.

Sebelumnya, petinju yang sudah 13 kali mempertahankan gelarnya sejak merebut dari tangan petinju Kolombia, Oscar Leon, dalam pertarungan ad-interim di Bali, Oktober 2003 tersebut, juga sudah berlatih di "Negeri Kanguru" selama dua pekan.

Ia mengatakan, untuk menghadapi petinju dengan gaya bertarung counter fighter tersebut, saat ini dirinya mulai fokus pada latihan peningkatan fisik.

Ketika ditanya soal strategi khusus menghadapi Chino, yang asal Kalimantan Barat tersebut, petinju dengan julukan "The Dragon" tersebut, menyatakan strategi sudah disiapkan.

"Kami juga sedang mempersiapkan strategi untuk menghadapi Jordan. tetapi yang jelas saya harus konsentrasi dulu untuk peningkatan fisik saya," kata suami mantan atlet wushu Jawa Tengah, Anna Maria Megawati, tersebut.

Chris John dijadwalkan berlatih di Australia selama satu bulan lebih, kemudian melanjutkan latihan di Indonesia hingga pertarungan melawan penantang peringkat kelima kelas bulu WBA tersebut.

Pertarungan melawan Jordan ini merupakan yang ke-14 kali dalam rangka mempertahankan gelarnya. 13 kali pertarungan sebelumnya dilalui melalui tarung wajib atau mandatory figh (lima kali) dan tarung pilihan atau choice (delapan kali).

Pertarungan melawan Jordan di Jakarta mendatang dipromotori oleh Raja Sapta Oktohari yang sebelumnya juga menjadi promotor saat pertarungan Chris John melawan petinju Argentina, Fernando Saucedo, di Jakarta, 5 Desember 2010.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com