Spies Aset Terbaik Yamaha

Kompas.com - 11/02/2011, 18:14 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

KOMPAS.com - Yamaha beruntung karena bisa menggaet Ben Spies. Menurut mantan bos tim asal Jepang ini, Herve Poncharal, Spies memiliki kualitas serta skill yang bagus untuk mengembangkan Yamaha, sehingga tetap dominan di arena MotoGP.

Spies bergabung dengan tim pabrik Yamaha untuk skuad 2011. Dengan demikian, pebalap Amerika Serikat ini akan memiliki peran yang lebih besar lagi untuk mengembangkan mesin YZR-M1, dibandingkan dengan ketika dia memperkuat tim satelit Monster Yamaha Tech 3 pada musim sebelumnya.

Yamaha telah kehilangan Valentino Rossi, yang memutuskan untuk pindah ke Ducati. Kepergian ikon asal Italia ini tentu saja memberikan pukulan telak kepada Yamaha, karena juara dunia tujuh kali MotoGP tersebut menjadi "otak" tim, terutama untuk pengembangan motor.

Namun sekarang, Yamaha bisa lebih tenang dengan kahadiran Spies. Menurut Poncharal, meskipun musim lalu berstatus rookie, tetapi pebalap asal Texas tersebut sudah menunjukkan kemampuan yang hebat dalam hal itu (pengembangan). Dengan demikian, Spies dan juara dunia Jorge Lorenzo, akan menjadi tulang punggung Yamaha ketika musim 2012 nanti MotoGP akan menggunakan mesin 1.000cc.

"Saya yakin Ben memiliki banyak hal yang secara teknis bisa dibicarakan. Dia sangat metodik dan tidak pernah datang ke garasi, apakah meraih hasil buruk lalu melempar helm, atau merasa terprovokasi.

"Dia hanya duduk dan menerangkan secara tenang apa yang terjadi, dan seperti tuan Furusawa (Masao Furusawa, bos tim) sudah menyinggung sebelumnya, dia sangat bagus menerangkan apa yang terjadi, apa yang dirasakannya dan apa yang diperlukan untuk bisa lebih cepat lagi.

"Tentu saja, saya pikir pribadi seperti ini akan membantu Yamaha untuk bekerja lebih baik lagi dalam mengembangkan sebuah mesin bagus. Saya tidak mengatakan dia akan lebih baik dari Valentino, tetapi Ben sekarang tahu dengan baik mengenai motor, yang tentu saja bisa membantu mereka dalam mengembangkan motor.

"Saya yakin dia akan menjadi aset yang bagus untuk Yamaha, tidak hanya untuk mencapai hasil, tetapi juga dalam hal membantu mereka untuk mengembangkan motor baru. Ben tidak banyak bicara, tetapi apa yang dikatakannya benar dan bisa menjadi masukan bagi para mekanik."



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X