Burgess: Stoner Bisa Juara, asal...

Kompas.com - 09/02/2011, 21:48 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

KOMPAS.com - Bos kru Valentino Rossi, Jerry Burgess, memberikan tips kepada pebalap Repsol Honda, Casey Stoner, yang mengincar gelar juara dunia dalam debutnya bersama tim Jepang tersebut. Menurut Burgess, Stoner harus tampil konsisten dan sedikit mungkin melakukan kesalahan, sehingga bisa merebut gelar dari tangan Jorge Lorenzo.

Burgess, yang kini menjadi "otak" Rossi untuk meraih gelar kedelapan MotoGP bersama tim Ducati, menilai Stoner punya potensi untuk mengulangi kesuksesannya pada tahun 2007, ketika pertama kalinya menjuarai MotoGP. Hasil latihan di Valencia dan Sepang, menjadi tolak ukur.

Honda tidak pernah lagi menyabet gelar juara di era motor 800cc. Tetapi, pabrikan Jepang tersebut sudah memiliki kekuatan yang sangat bagus pada musim 2011, setelah menggaet Stoner, untuk menjadi tandem Dani Pedrosa dan Andrea Dovizioso. Peluang untuk mengakhiri paceklik gelar sejak 2006 pun terbuka cukup lebar.

Memang, Stoner tampil impresif dalam tes post-season di Valencia pada bulan November lalu, begitu juga dengan tes pra-musim di Sepang, Malaysia, minggu lalu. Nah, jika Stoner tampil konsisten, Burgess yakin pebalap berusia 24 tahun ini menjadi terfavorit untuk menjadi juara dunia.

Musim lalu, Stoner "hancur" karena inkonsistensi. "Penyakit" itulah yang membuat dia juga kalah bersaing dengan Rossi, yang sempat absen empat seri menyusul cedera patah tulang kering kaki kanan akibat kecelakaan saat latihan di Mugello. Pada klasemen akhir, Rossi berada di peringkat tiga, unggul delapan poin atas Stoner.

Kecelakaan yang dialami dalam lima seri, yang membuat Stoner terpuruk. Burgess mengatakan: "Casey bisa melaju dengan sangat cepat dan kita sudah melihat sepanjang kariernya. Masalahnya bisa berlalu jika dia tidak membuat sebuah kesalahan.

"Casey tampil di semua balapan tahun lalu dan masih finis di belakang Valentino pada klasemen akhir. Dia juga memenangi lebih banyak balapan dibandingkan dengan Rossi, tetapi dia juga membuat banyak kesalahan dan itu harus dibayarnya. Jadi, konsistensi adalah apa yang dia butuhkan."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.