"Rossi Sulit Ulangi Prestasi 2004"

Kompas.com - 01/02/2011, 18:28 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

SEPANG, Kompas.com - Andrea Dovizioso yakin, Valentino Rossi akan mendapat sedikit kesulitan untuk mengulangi kesuksesan seperti yang diraih dalam debutnya bersama Yamaha. Hasil latihan post-season di Valencia pada November tahun lalu menjadi rujukan pebalap Repsol Honda asal Italia tersebut.

Memang, di atas kertas, Desmosedici jauh lebih kompetitif dibandingkan dengan Yamaha M1 ketika Rossi meninggalkan Honda pada akhir 2003. Ducati saat ini telah menjelma jadi tim yang sangat ditakuti, apalagi dengan kedatangan Rossi.

Namun hasil di Valencia, ketika Rossi melakukan debutnya dengan "si Merah" itu, menunjukkan hasil yang mengejutkan. Di luar dugaan, "The Doctor" terpuruk di peringkat 15. Hanya saja, ada alasan mengapa Rossi terpuruk, karena dia masih mengalami gangguan pada bahu.

Kini, Rossi sudah menjalani operasi dan sedang dalam masa pemulihan. Meskipun demikian, juara dunia tujuh kali MotoGP tersebut perlu waktu cukup lama untuk fit 100 persen, dan diperkirakan baru akan pulih pada April atau Mei. Padahal, seri perdana MotoGP 2011 ini berlangsung pada 20 Maret mendatang.

Faktor lain yang membuat Dovizioso berani mengatakan demikian (Rossi kesulitan) adalah, kebijakan pembatasan latihan. Tak seperti pada tahun 2004, untuk saat ini Rossi hanya memiliki tiga tes pra-musim untuk mengetes motor barunya.

"Sulit untuk mengatakan bahwa Rossi akan bertarung untuk meraih kemenangan pada seri pertama karena tak mungkin mengetahui situasi yang pasti mengenai Valentino," ujar Dovizioso mengenai kompatriotnya tersebut. "Tentu saja bahunya menyulitkan, tetapi saya pikir rasa antara Valentino dan Ducati pada tes pertama tidak terlalu bagus.

"Kemudian dia melakukan operasi dan sekarang dia justru merasa lebih buruk. Dia harus mencoba untuk mengawalinya lagi setelah tiga bulan. Semuanya menjadi sulit. Saya pikir, untuk seri pertama dia tidak terlalu tangguh, tetapi anda harus tetap 'takut' terhadap Valentino Rossi karena dia telah memenangi banyak gelar juara.

"Tampaknya situasi di MotoGP sudah sedikit berubah dibandingkan dengan empat atau lima tahun silam (ketika Rossi meninggalkan Honda dan pindah ke Yamaha). Levelnya sudah lebih tinggi dan motornya juga berbeda. 800cc diganti 1000cc. Saya pikir, akan menjadi lebih sulit baginya.

"Saya tidak tahu bagaimana keberadaannya pada seri pertama, tetapi tentu saja tes pertamanya tidak terlalu bagus."



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X