Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Massa Mencoba Mobil Balap Baru Ferrari

Kompas.com - 31/01/2011, 04:32 WIB

Fiorano, Sabtu - Pebalap Ferrari, Felipe Massa, Sabtu (29/1), untuk pertama kali menjajal mobil balap barunya di Fiorano, Italia. Massa mencoba mobil F150, yang diluncurkan sehari sebelumnya, di hadapan kerumunan pendukung Ferrari.

Pada hari itu, para anggota pendukung klub Italia tersebut juga berkesempatan bertemu dengan Alonso, Massa, pengemudi tes Jules Bianchi, Giancarlo Fisichella, dan Andrea Bertolini.

Massa mengatakan, dia lebih percaya diri dengan penggantian ban dari Bridgestone ke Pirelli. Dia menyatakan tidak merasa nyaman dengan ban depan Bridgestone yang digunakan sepanjang musim balap 2010.

”Tahun lalu Bridgestone mengganti ban depannya agak berbeda dengan 2009. Hal itu mengakibatkan seringnya understeer,” paparnya, seperti dikutip Speedtv.com, saat peluncuran mobil baru Ferrari.

Ferrari memperkenalkan mobil balapnya untuk musim ini, Jumat, di Maranelo, Italia. Mobil balap baru itu diberi nama F150, untuk memperingati 150 tahun peringatan unifikasi Italia.

Mobil baru itu memiliki beberapa pembaruan dibandingkan dengan mobil musim balap 2010, yaitu perbaikan pada sayap belakang, serta disesuaikan untuk penggunaan sistem KERS, yang tahun lalu dilarang, tetapi tahun ini diperbolehkan.

Meski mobil baru Ferrari memiliki bentuk hidung yang lebih tinggi, Massa menyatakan tidak mempunyai masalah untuk daya pandangnya. ”Memang hidungnya lebih tinggi, tetapi kami juga telah bekerja keras untuk melakukan perubahan dan penyetelan tempat duduknya. Kelihatannya untuk saat ini tidak ada lagi masalah,” papar Massa.

Tekanan lebih

Massa yang musim lalu berada di peringkat keenam belum pernah lagi memenangi seri balap F1 sejak 2008. Tahun lalu, tim Ferrari dikenai denda 100.000 dollar AS karena didengar memberitahukan kepada Massa bahwa rekan satu timnya, Alonso, menunggangi mobil yang lebih cepat. Hal ini diindikasikan sebagai perintah tim kepada Massa agar membiarkan Alonso mendahuluinya. Padahal, saat itu Massa-lah yang berada di depan.

”Anda selalu merasakan tekanan ketika Anda membalap untuk Ferrari. Namun, saya akan merasakannya lebih karena tahun lalu merupakan tahun yang sulit,” ujar Massa.

Pada tahun ini Massa mendapatkan jaminan akan diperlakukan sama dengan rekan satu timnya, Alonso. Musim balap F1 2011 baru akan dimulai 13 Maret mendatang di Bahrain dan berakhir setelah 20 seri balapan pada 27 November di Brasil.

(AP/OKI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com