Pelatih Tiongkok Belum Tangani Wushu

Kompas.com - 29/01/2011, 21:33 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

JAMBI, Kompas.com - Pelatih asal Tiongkok sampai saat ini belum bisa menanggani tim pemusatan latihan nasional (Pelatnas) cabang wushu untuk nomor tarung (sanshou) dalam rangka persiapan menghadapi SEA Games 2011.

Setelah satu minggu, 12 atlet wushu nasional yang sudah berlatih menjalani porgram pelatnas di Jambi, tepatnya di mess PTPN VI, belum juga dilatih oleh pelatih asing dari Tiongkok. Demikian pernyataan salah satu Pengurus PB WI, Aisen Gaouw, di Jambi.

Untuk saat ini, ke-12 atlet nasional diantaranya dua atlet dari Jambi yang bergabung di pelatnas SEA Games tersebut, masih dilatih oleh pelatih nasional Lambertus, dari Jawa Timur.

Pelatih asing tersebut diperkirakan akan tiba dan menanggani langsung atlet pelatnas pada pertengahan Februari mendatang.

Sesuai program dari PB, untuk tim pelatnas wushu nomor sanshou akan ditangani oleh pelatih asing dari Tiongkok. Dia didampingi oleh pelatih nasional.

Pelatnas wushu nomor sansnou secara resmi diikuti 12 atlet nasional dari beberapa daerah dan resmi dimulai pada 21 Januari lalu, dengan menggunakan mess PTPN di Jambi.

Sebelumnya, sebanyak 12 atlet wushu nasional telah melakukan tes fisik untuk mengetahui kebugaran sebelum menjalani program yang disusun pelatih nasional. Tes kebugaran bertujuan untuk mengatahui kondisi awal para atlet sebelum mengikuti program latihan pelatnas di Jambi selama 11 bulan, dimulai 24 Januari hingga 24 November 2011.

Ke-12 atlet nasional wushu sanshou yang sudah berada di Jambi untuk mengikuti pelatnas berasal dari lima daerah, yakni Sumatera Utara yakni Hotman Darma Purba di kelas 52 Kg putra, Moria Manulu kelas 60 Kg putri asal DKI Jakarta, Junaedi kelas 75 Kg putra dari Kalimantan Barat.

Sedangkan dari Jawa Timur atletnya berjumlah enam orang yakni Lita kelas 56 Kg putri, sedangkan putranya Yoseph Fo (52 Kg), Gunawan (56 Kg), Oscar (60 Kg), Muklis (65Kg) dan Agus (70Kg).

Sementara itu dua atlet putri Jambi yang juga bergabung di Pelatnas adalah Friska Ria Wibowo di kelas 45 Kg dan Linda Darraw kelas 52 Kg.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X