Kido/Hendra dan Nova/Vita Tersingkir

Kompas.com - 27/01/2011, 16:20 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

JAKARTA, KOMPAS.com — Ganda putra terbaik Indonesia, Markis Kido/Hendra Setiawan, gagal melanjutkan kiprahnya di arena Korea Terbuka Super Series Premier. Unggulan ketiga ini menyerah dalam pertarungan dua game selama 27 menit, 18-21, 18-21, dari pasangan Korea Selatan, Kim Ki-jung/Kim Sa-rang, Kamis (27/1/11).

Mantan pasangan pelatnas Cipayung ini tampil di bawah performa. Permainan net yang kerap menjadi salah satu kunci kesuksesan mereka tidak berjalan dengan lancar karena selama pertandingan tersebut mereka hanya meraih empat net winner. Bandingkan dengan pasangan Korea itu yang meraih 11 net winner.

Pada game pertama, Kido/Hendra berusaha terus merapat. Meskipun tidak tertinggal jauh, peraih medali emas Olimpiade Beijing 2008 dan Asian Games 2010 tersebut selalu berada di belakang. Mereka hanya mampu menyamakan skor pada kedudukan 6-6, 7-7, dan 17-17.

Di game kedua, pertarungan berlangusung lebih ketat karena terjadi kejar-mengejar poin. Kido/Hendra membukanya dengan keunggulan 4-1 sebelum dikejar dan disalip oleh Kim Ki-jung/Kim Sang-rang yang memimpin 7-5. Setelah itu, jarak mereka tidak pernah lebih dari dua poin sampai skor 15-15. Di sinilah Kido/Hendra mulai tertinggal dan akhirnya menyerah 18-21 dan gagal melangkah ke perempat final turnamen berhadiah 1,2 juta dollar AS ini.

Selanjutnya, pasangan Korea yang tidak diunggulkan ini kemungkinan besar bertemu kompatriot mereka, Jung Jae-sung/Lee Yong-dae. Pasalnya, unggulan keenam ini bertemu pasangan Inggris yang belum punya tradisi juara, Chris Adcock/Andrew Ellis.

Nova/Vita juga tersingkir

Dari sektor ganda campuran, pasangan veteran Indonesia juga harus angkat koper. Nova Widianto/Vita Marissa gagal melewati hadangan unggulan ketujuh dari Denmark, Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen, yang menekuknya dengan 21-17, 21-17.

Kegagalan mantan pasangan pelatnas ini mengikuti hasil buruk Muhammad Rijal/Debby Susanto yang ditaklukkan unggulan kelima dari China, Zhang Nan/Zhao Yunlei. Dengan demikian, Indonesia sudah pasti hanya menempatkan satu wakil ganda campuran di perempat final, yaitu pemenang "perang saudara" Fran Kurniawan Teng/Pia Zebadiah Bernadet dan Tantowi Ahmad/Liliyana Natsir, yang baru akan bertanding.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.