Perancis Terpuruk, Spanyol Berjaya

Kompas.com - 22/01/2011, 21:39 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

MELBOURNE, Kompas.com - Perancis, negara yang diwakili pemain dengan jumlah terbanyak di Melbourne Park, mendapat hasil terburuk selama 19 tahun terakhir di Australia Terbuka. Dengan kekuatan 14 pemain putra dan tujuh pemain putri, tak ada satu pun yang lolos dari babak ketiga.

Dua pemain terakhir yang gagal melangkah ke babak keempat adalah Alize Cornet dan finalis 2008 Jo-Wilfried Tsonga. Pada pertandingan yang berlangsung Sabtu (22/1/11), Cornet kalah dari Kim Clijsters, sementara Tsonga disingkirkan Alexandr Dolgopolov.

"Setiap hari saya mencoba untuk kembali pada penampilan terbaik setelah cedera selama beberapa bulan," kata Tsonga yang didera cedera di tahun 2010.

Selain Tsonga, pemain Perancis lain yang juga pernah berada di posisi 10 besar dunia dan baru berkutat dengan cederanya adalah Gilles Simon. Simon kalah di babak kedua dari Roger Federer meski mampu memaksa sang juara bertahan bermain lima set.

Harapan lain Tim Perancis, yaitu Richard Gasquet dikalahkan Tomas Berdych, sementara Gael Monfils disingkirkan Stanislas Wawrinka. Keduanya kalah di babak ketiga.

Di bagian putri, Marion Bartoli dan Virginie Razzano hanya mampu bertahan hingga babak kedua bersama petenis berusia 17 tahun Caroline Garcia.Terakhir kali Perancis tak punya satu pun pemain di babak keempat terjadi pada tahun 1992, ketika Alexia Dechaume kalah di babak ketiga.

Berbeda dengan Perancis, Spanyol mendominasi tunggal putra, setidaknya hingga seluruh babak ketiga usai. Dari 13 pemain, lima di antaranya akan tampil di babak keempat yang akan dimulai Minggu (23/1/11). Mereka adalah unggulan pertama Rafael Nadal, David Ferrer (7), Fernando Verdasco (9), Nicolas Almagro (14), dan Tommy Robredo.

Untuk berebut tiket ke perempat final, Nadal akan melawan Marin Cilic (Kroasia), sementara Ferrer melawan Milos Raonic (Kanada). Pada pertandingan lainnya, Verdasco akan menghadapi tantangan berat dari petenis Ceko yang juga menjadi unggulan keenam, yaitu Berdych. Tantangan berat juga akan dihadapi Almagro yang akan berhadapan dengan unggulan ketiga Novak Djokovic, sementara Robredo menantang Federer.

Baca tentang


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X