Emas, Pertina Janjikan Bonus Rp 500 Juta

Kompas.com - 22/01/2011, 20:48 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

PEKANBARU, KOMPAS.com Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) menyediakan bonus Rp 500 juta bagi atlet tinju yang berhasil meraih medali emas pada kejuaraan multievent SEA Games 2011 di Palembang.

"Bagi atlet tinju yang meraih emas di SEA Games, bonus pribadi dari saya dan Pertina Rp 500 juta telah menanti mereka," kata Ketua Umum Pengurus Besar Pertina Setya Novanto dalam sambutan ketika menghadiri peresmian sasana tinju Pengurus Provinsi Pertina Riau di Pekanbaru, Sabtu (22/1/2011).

Peresmian sasana tinju itu juga dirangkaikan dengan pertandingan ekshibisi tiga ronde Gubernur Riau HM Rusli Zainal versus mantan juara dunia IBF kelas bantam yunior, Ellyas Pical, yang berakhir imbang. Duel ini sebagai promosi PON Riau 2012.

Setya menjelaskan, bonus yang disediakan pihaknya bagi atlet tinju itu juga dimaksudkan untuk mengangkat prestasi Indonesia sebagai tuan rumah SEA Games XXVI/2011 dengan target dua medali emas.

Prestasi cabang olahraga tinju dalam kejuaraan multievent dua tahunan negara-negara Asia Tenggara itu tidak begitu mengembirakan karena hanya meraih perak dan perunggu.

Seperti di SEA Games XXVI/2009 Laos, cabang tinju pulang ke Tanah Air tanpa membawa medali emas setelah hanya meraih tiga medali perak dan lima perunggu karena lawan memiliki kualitas lebih baik.

Saat ini, lanjutnya, lebih dari 100 atlet tinju mengikuti pemusatan latihan nasional (pelatnas) yang diproyeksikan untuk memperoleh medali pada event olahraga internasional.

"Kita berharap, dari 100-an atlet tinju putra-putri itu bisa menyumbang dua emas. Target tersebut realistis karena selama ini kita hanya mendapatkan perak di SEA Games," ia menjelaskan.

Ketua Pengprov Pertina Riau Robin P Hutagalung pada kesempatan terpisah mengaku Riau telah menyumbangkan sejumlah atletnya untuk mengikuti pelatnas tinju tingkat amatir tersebut.

"Atlet-atlet tinju kami yang meraih emas di Papua, kemudian kejuaraan Sukan di Malaysia tahun 2010, kini telah mengikuti pelatnas. Kami berharap juara tinju baru bisa lahir dari Riau," katanya.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X