Rahasia Kemenangan Simon atas Chen Jin

Kompas.com - 20/01/2011, 17:32 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

JAKARTA, Kompas.com - Pebulu tangkis Pelatnas Simon Santoso mengalahkan unggulan keempat yang juga juara dunia Chen Jin, pada putaran kedua Malaysia Terbuka Super Series, Kamis (20/1/11). Simon, yang sebelumnya tak pernah menang atas pemain peringkat lima dunia itu, membukukan kemenangan 21-12, 18-21, 21-10 dalam satu jam 14 menit, di Putra Stadium, Bukit Jalil, Kuala Lumpur.

Kemenangan atas Chen Jin itu terjadi sehari setelah Simon, yang saat ini berperingkat 27 dunia, mengalahkan pemain China lainnya Du Pengyu juga dalam tiga game 19-21, 21-6, 21-5.

Simon memenangi game pertama setelah Chen Jin unggul 12-11 dengan membukukan 10 poin beruntun. Pada game kedua, Simon yang sudah unggul 10-4 malah terkejar dan tidak mampu mempertahankan keunggulannya setelah Chen Jin menyamakan kedudukan 13-13 dan akhirnya kalah 18-21.

Game penentuan hampir serupa dengan game pembuka, ketika Simon melaju untuk memenangi pertandingan setelah meraih sembilan poin beruntun sejak kedudukan 7-6.

"Saya berusaha lebih sabar dan mencari peluang untuk lebih agresif," ujar Simon, mengenai kunci kemenangannya.

Namun pada game kedua, katanya, ia bermain agak terburu-buru dan kurang variasi di depan net. Alhasil, lawan tidak membutuhkan banyak bergerak dan menunggu hasil pukulan Simon.

Pada perempat final turnamen berhadiah total 400.000 dollar AS tersebut, Simon akan bertemu pemain Indonesia lainnya Alamsyah Yunus, yang mengalahkan unggulan keenam Boonsak Ponsana asal Thailand 20-22, 21-10, 21-18.

"Untuk besok (melawan Alamsyah) tetap bermain yang terbaik, apalagi Alamsyah adalah pemain yang cukup ulet," kata Simon.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X