Tontowi/Liliyana Kalah Tragis

Kompas.com - 19/01/2011, 21:53 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

JAKARTA, KOMPAS.com — Ganda campuran terbaik Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, mengalami nasib tragis di babak pertama Malaysia Terbuka Super Series 2011, Rabu (19/1/2011). Unggulan kedelapan ini langsung tersingkir karena kalah dua set langsung 19-21, 11-21, dari pasangan non-unggulan China, Xu Chen/Yu Yang.

Dalam duel yang relatif singkat karena hanya berlangsung 30 menit tersebut, Tontowi/Liliyana nyaris tak berkutik. Mereka hanya sempat memberikan perlawanan gigih pada set pertama, bahkan nyaris memenanginya ketika mampu mengunci lawan di angka 16 dan meraih enam poin secara beruntun untuk unggul 18-16. Sayang, mereka gagal meraih tiga angka terakhir sehingga menyerah 19-21.

Pada set kedua pasangan China tak memberikan angin kepada Tontowi/Liliyana. Sejak unggul 3-0, pasangan bongkar-pasang China tersebut terus menjauh hingga memimpin 19-9. Sempat kehilangan dua angka, Xu/Yu akhirnya meraih kemenangan 21-11 dan maju ke babak kedua untuk bertemu pasangan gado-gado Robert Blair (Skotlandia)/Gabrielle White (Inggris).

Wajah pelatnas Cipayung terselamatkan oleh keberhasilan dua ganda campuran yang lain, Muhammad Rijal/Debby Susanto dan Fran Kurniawan Teng/Pia Zebadiah Bernadet. Rijal/Debby singkirkan pemain kualifikasi tuan rumah, Koo Kien Keat/Chin Eei Hui 21-8, 21-13 dan Fran/Pia menang 21-16, 16-21, 21-18, juga atas pasangan Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying.

Namun, di babak kedua nanti, Kamis (20/1/2011), dua pasangan Tanah Air tersebut bakal menghadapi perjuangan sangat berat karena dihadang tembok China. Rijal/Debby bertemu unggulan ketiga, Zhang Nan/Zhao Yunlei, sedangkan Fran/Pia menantang unggulan ketujuh, He Hanbin/Ma Jin.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X