Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Parno Juara Umum Klasemen Senior Putra

Kompas.com - 17/01/2011, 03:44 WIB

Jakarta, Kompas - Bambang Suryadi, pebalap Polygon Sweet Nice, tercatat sebagai pebalap tercepat nomor road race pada lomba balap sepeda Piala Gubernur 1 LCC Seri IV, Minggu (16/1). Namun, secara umum, Parno dari Customs Cycling Club menjadi juara umum kelas senior putra.

Di nomor road race putra yang melintasi rute sejauh 114,42 kilometer dari Kantor Pemerintah Kabupaten Sleman ke Kaliurang, Bambang menjadi pebalap pertama yang melindas garis finis dengan waktu 3 jam, 6 menit, dan 54 detik.

Posisi kedua dihuni Parno dari Customs Cycling Club (CCC) dengan waktu 3 jam, 7 menit, dan 10 detik. Sementara M Taufiq dari WSP menjadi yang ketiga melindas garis finis dengan waktu 3 jam, 7 menit, dan 24 detik. ”Sejak tiga kilometer menjelang finis, saya, Bambang, dan Taufiq saling mengupayakan break. Kami terus saling bersaing untuk finis terdepan,” ujar Parno.

”Criterium”

Untuk kelas criterium yang berlangsung Sabtu (15/1), Parno menjadi pebalap dengan poin tertinggi. Melintasi rute sejauh 43,20 kilometer yang ditempuh dalam 24 lap, Parno mengumpulkan 18 poin.

Posisi kedua kelas ini dihuni Warseno dari Tirta Cycling Team Solo dengan 11 poin, dan posisi ketiga diduduki Heksa Priya Prasetya dari CCC dengan 10 poin.

”Dengan prestasi itu, selain mendapatkan Piala Raja, Parno juga mendapatkan Piala Gubernur sebagai juara umum senior putra criterium dan road race,” ujar Manajer CCC M Ircham.

Dengan demikian, pada klasemen umum, Parno mengumpulkan poin tertinggi dengan poin total 76. Posisi kedua dihuni Iwan Setiawan dengan 71 poin dan posisi ketiga klasemen menjadi tempat Heksa Prasetya dengan 66 poin.

”Road race”

Masih dari nomor road race, di kelas road race junior putra, yang melintasi rute sejauh 94,12 kilometer, Bernadetus Ongky Setiawan dari BKCC menjadi yang terdepan dengan waktu 2 jam, 43 menit, dan 4 detik. Ongky sekaligus menjadi juara umum yunior putra dan meraih Piala Direktur Jenderal Bea dan Cukai.

Di kelas senior putri, Dahlina Rosyda dari tim Polygon Sweet Nice (PSN) yang menjuarai kelas criterium senior putri dengan 20 poin menjadi juara umum putri senior. Dahlina meraih Piala Wakil Gubernur DI Yogyakarta.

Di kelas pemula putra, Jamalidin dari Araya Jasalindo menjadi juara umum dan meraih Piala Ketua CCC. Adapun di kelas putri di bawah 19 tahun, yang menjadi juara umum adalah Riska Agustin dari WSP.

Lomba yang merupakan seri itu, ujar Ircham, pada tahun 2011 akan kembali diselenggarakan. Seri LCC tetap akan mengundang pebalap pemula, yunior, dan senior dari seluruh Indonesia untuk berlaga pada kejuaraan tersebut. (HLN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com