Pemain LKG Akan Wakili Indonesia ke Gothia Cup

Kompas.com - 15/01/2011, 04:30 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS - Para pemain Liga Kompas Gramedia U-14 bakal mewakili Indonesia di ajang Gothia Cup di Swedia, 17-23 Juli mendatang. Keputusan itu merupakan buah kerja sama PT SKF Indonesia dengan Komite Liga Kompas Gramedia di Jakarta, Kamis (13/1).

Sebanyak 18 pemain—dua di antaranya penjaga gawang—akan dipilih tim pemandu bakat berdasarkan penampilan mereka sepanjang musim 2011 plus seleksi atas beberapa pemain dari empat kota. Gothia Cup, yang dalam situs resminya disebut ”The World Youth Cup”, akan diikuti sekitar 1.600 tim dari 70 negara.

Sustainability EHS Manager PT SKF Indonesia Nyoman Trimantara mengatakan, tahun ini untuk kedua kali pihaknya mengirim tim ke Gothia Cup. ”Tahun lalu, kami membentuk tim dengan menggelar turnamen yang diikuti delapan tim. Melihat Liga Kompas Gramedia U-14 berjalan bagus, kami berpikir kenapa tidak diteruskan ke level dunia,” katanya, Jumat kemarin.

Mengingat Liga Kompas Gramedia (LKG) hanya berskala Jabodetabek, tiga atau empat pemain dari tim wakil Indonesia nanti diambil dari seleksi tim pemandu bakat di empat kota yang belum ditentukan. Menurut Nyoman, pihaknya berkesempatan mengirim tim ke Gothia Cup hingga dua tahun ke depan.

LKG U-14, yang diikuti 16 tim sekolah sepak bola (SSB) se-Jabodetabek dalam format kompetisi penuh, tahun ini memasuki musim kedua. Saat ini berlangsung babak play off yang diikuti 15 SSB yang dibagi ke dalam empat grup untuk memperebutkan empat tiket ke babak utama. LKG U-14 musim ini dijadwalkan mulai 13 Februari dan dibuka di Stadion Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro, Jakarta.

”Ini kepercayaan PT SKF yang harus kami jawab dengan membentuk tim talent scouting (pemandu bakat) yang berkualitas,” kata Taufik Jursal Effendi, Sekretaris LKG U-14. ”Kepercayaan ini anugerah yang harus memacu kami meningkatkan mutu kompetisi. Bagi SSB-SSB, bagaimana mereka mempersiapkan tim dan individu-individu pemainnya.”

Detail pemantauan dan tim pemandu bakat tengah digodok. Taufik mengingatkan bahwa pemain, pelatih, dan ofisial tim juara belum dipastikan berangkat ke Gothia Cup. Jika penentuan pemain ditentukan tim pemandu bakat, pelatih dan ofisial tim akan diputuskan Komite LKG. (SAM)



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X